BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

11/14/2010

Persib Butuh Pelatih Karismatik

AHMAD YANI,(GM)-
Persib Bandung membutuhkan seorang pelatih karismatik di mata para pemainnya. Jika pelatih Persib seorang yang karismatik, para pemain setidaknya menyimpan rasa hormat yang ujung-ujung menuruti segala instruksi yang diberikan.

Pandangan tersebut disampaikan salah seorang pentolan Viking Persib Club, Rudi Boseng dalam sebuah perbincangan dengan "GM" di Stadion Prsib, Jln. A. Yani Bandung, Sabtu (13/11). "Selama ini, pelatih Persib kurang karismatik. Akibatnya, para pemain pun tidak terlalu segan dengan pelatih. Coba kalau pelatihnya karismatik, semua pemain pasti hormat dan mau menuruti setiap instruksi pemain," kata Boseng.

Boseng melontarkan pendapatnya terkait dengan munculnya spekulasi pelatih Jovo Cuckovic bakal dicopot dari jabatannya, menyusul hasil buruk yang diraih Persib dalam enam laga pembuka Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011.

Hingga akhir pekan ini, manajemen klub Persib Bandung belum memutuskan masa depa Jovo. Kemungkinan besar, pelatih asal Serbia itu baru akan divonis pekan depan pada pertemuan manajemen tim dengan seluruh jajaran direksi, komisaris dan pemegang saham mayoritas.

Boseng mengatakan, jika Persib memiliki seorang pelatih karismatik atau paling tidak dihormati para pemainnya, berbagai kejadian seperti lengsernya Darko-Daniel Janackovic akibat tekanan dari pemain serta keluhan Jovo yang merasa instruksinya diabaikan, tidak akan terjadi lagi.

Selain karismatik, pelatih Persib juga harus memiliki sikap tegas. Menurutnya, pelatih yang tegas pasti akan menindak segala perilaku indisipliner yang dilakukan para pemainnya. "Kalau saya lihat, persoalan Persib sekarang ini adalah ketegasan pelatih," tandasnya.

Sebelumnya, mantan pemain Persib, Adjat Sudrajat pun mengharapkan ketegasan pelatih terhadap para pemainnya. "Programkan latihan dengan benar. Kalau ada pemain yang tidak menuruti instruksi pelatih, suruh dia duduk di pinggir lapangan. Kalau perilakunya tak berubah, rekomendasikan kepada manajemen untuk dicoret," ujar bintang Persib di era '80-an ini. (B.82)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini