BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

11/23/2010

Syarat Calon Pelatih Persib Pengganti Jovo

VIVAnews - Sejumlah nama meramaikan bursa pelatih Persib Bandung usai lengsernya Jovo Cuckovic dari kursi pelatih kepala. Ada dua nama pelatih asing yang bisa dikatakan jadi kandidat terkuat untuk duduk sebagai pelatih, yakni Peter White dan Fandi Ahmad.

Mantan pelatih timnas Indonesia, Peter White, kabarnya memiliki peluang lebih besar dibandingkan Fandi untuk mendapatkan kepercayaan mengarsiteki Persib, setelah bidikan utama Persib yakni pelatih timnas Thailand U-23 asal Inggris, Stephen Steve Darby, menolak keinginan Maung Bandung.

Selain dinilai memiliki catatan cukup baik dan mengenal kultur sepak bola di Indonesia. Sama halnya dengan White, Fandi juga dinilai memiliki pengalaman yang panjang dengan sepak bola Indonesia. Pada rentang 2007-2009, Fandi tercatat sebagai pelatih kepala Pelita Jaya FC.

Selain tiga nama tersebut, belakangan muncul isu sosok pelatih asal Australia berdarah Serbia, Milorad Ulukaro dikabarkan namanya disodorkan salah satu agen kepada pengurus.

Ulukaro adalah mantan pelatih klub Malaysia, Johor FC yang dibawanya meraih double winner pada musim 1991/1992. Catatan terakhir, Ulukaro melatih klub Liga Australia, Inter Lions.

Dari barisan pelatih lokal, sosok Daniel Roekito disebut-sebut jadi calon terkuat. Track record Daniel yang pernah membawa Persik Kediri juara Liga Indonesia 2006, jadi nilai tambah pelatih yang musim lalu menangani Persiba Balikpapan ini.

Selain Daniel, mantan pelatih PSMS Medan dan Persebaya Surabaya, Fredi Mulli juga masuk daftar calon pelatih. Kandidat lainnya adalah Bambang Nurdiansyah dan Benny Dollo.

Juru bicara PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono mengungkapkan, faktor pengalaman melatih klub di Indonesia merupakan syarat utama yang bakal digunakan pengurus sebelum menentukan pilihannya. "Paling utama berpengalaman melatih di Indonesia, dan sehingga tidak perlu susah payah beradaptasi lagi," terang Kuswara.

Sosok pelatih baru ini, dikatakan Kuswara diharapkan sudah diperoleh Maung Bandung paling cepat bulan ini. "Sebelum kembali menjalani kompetisi kita harapkan sudah ada pelatih baru," tandasnya.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar dihubungi VIVAnews.com enggan berkomentar tentang siapa calon pengganti Jovo yang layak menjadi pelatih. "Kita masih menggodok sejumlah nama untuk melatih Persib. Keputusannya dari pusat," ujar Umuh. "Soal siapa-siapa saja namanya nanti saja yah, biar pusat yang umumkan,"

2 komentar:

  1. sok lah sing bener attu milih pelatih teh..

    mugi PERSIB tetep jaya...

    BalasHapus
  2. Pemain seadanya bs hebat kl pltihnya bagus. apalagi Persib yg pemainnya bagus2..

    BalasHapus