BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

11/11/2010

Umuh: Persib Harus Rotasi Pemain

BANDUNG, TRIBUN - Evaluasi masih belum rampung dilakukan namun manajemen Persib sudah memberikan sinyal tegas harus adanya rotasi pemain oleh jajaran pelatih Persib saat kompetisi bergulir Januari tahun depan.
Menurut manajer Persib, Umuh Muhtar, rotasi dimaksudkan untuk memberikan variasi dan skema permainan baru sehingga bisa mendongkrak performa tim yang saat ini merosot hingga menempatkan Persib di zona play off Liga Indonesia.

"Kemarin, sempat disinggung bahwa lini belakang harus mendapatkan perhatian khusus karena gawang Persib banyak dibobol lawan, tapi lini depan juga harus mendapatkan perhatian juga karena penyerang kita belum memberikan hasil yang maksimal," kata Umuh.

Dijelaskannya, untuk lini belakang jajaran pelatih harus bisa beberapa variasi dan kombinasi dalam menempatkan komposisi pemain yang ideal sehingga kekuatan lini belakang bertambah. "Lini belakang harus diperbaiki secara maksimal, jangan sampai gawang kita mudah ditembus oleh penyerang lawan," katanya.

Dalam dua laga terakhir Persib, seiring dengan absennya beberapa pemain inti di lini belakang, jajaran pelatih sudah bisa menilai kualitas beberapa pemain yang diturunkan di posisi baru. Seperti saat melawan Persija (30/10), Gilang dicoba bermain di bek kanan. Kemudian saat melawan PSPS (2/11) giliran Baihakki yang dicoba bermain di bek tengah. Dari perubahan-perubahan tersebut, kata Umuh, jajaran pelatih sudah memiliki pegangan untuk melakukan variasi dan kombinasi baru di lini belakang.

Sementara untuk lini depan, kata Umuh, kini akan banyak lagi kombinasi pemain untuk menjadi penggedor pertahanan lawan seiring sudah resminya Hilton Moreira menjadi skuad Persib. "Siapa pun sudah tahu kualitas duet Gonzalez-Hilton musim lalu, jadi dengan bergabungnya Hilton bisa menambah serangan Persib jadi lebih bervariasi," kata Umuh.

Ditambah lagi dengan penampilan Rahmat Affandi yang semakin matang, membuat jajaran pelatih bisa mengkombinasikannya dengan striker lainnya. "Rahmat bermain cukup baik, namun dia tidak diberikan waktu yang lama di lapangan, dia hanya diturunkan 10 - 15 menit saja," katanya.

Manajemen berharap apapun hasil dari evaluasi nantinya, perombakan komposisi pemain di lapangan harus dilakukan sehingga setiap pertandingan permainan Persib selalu bervariasi. "Sehingga permainan Persib tak mudah dibaca oleh tim lawan," lanjutnya.( tribunjabar )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini