BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

12/17/2010

Cetak Gol, Gracias Gonzales!

Striker Persib Bandung, Cristian Gonzales menjadi pahlawan kemenangan Indonesia pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis (16/12). Dalam pertandingan yang disaksikan puluhan ribu suporter Indonesia ini, "El Loco" menjadi penentu kemenangan tim "Merah Putih" lewat gol tunggalnya pada menit 32. Karena itu, publik sepak bola Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Gonzales.

Skor ini cukup mengecewakan mengingat Firman Utina dan kawan-kawan mampu menguasai permainan. Meskipun demikian, kemenangan tipis ini menjadi modal berharga menghadapi leg kedua yang tetap dimainkan di SUGBK, Minggu (19/12) mendatang.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung RCTI ini, Indonesia berusaha memegang kendali permainan sejak awal. Di menit ke-9, umpan Okto Maniani disambar tendangan Gonzales, tetapi bola bisa dijinakkan penjaga gawang Neil Etheridge. Di menit 19, kerja sama yang apik dari para pemain Indonesia meloloskan Okto ke kotak penalti Filipina. Namun kekurangtenangan Okto membuat tendangannya melambung di atas gawang.

Filipina bukannya tanpa peluang. Di menit 13, tendangan jarak jauh Philip Younghusband memaksa kiper Markus Haris Maulana menepis bola menjadi tendangan sudut. Kembali dari jarak jauh, Philip Younghusband mencoba kemampuan Markus. Kali ini, sepakan Philip yang juga dari jarak jauh memaksa Markus melompat ke kiri menepis si kulit bundar.

Saat laga memasuki menit ke-32, Indonesia akhirnya memecah kebuntuan. Umpan panjang Firman Utina gagal diantisipasi Etheridge dan Gonzales menanduknya masuk gawang Filipina. Filipina nyaris kebobolan oleh tindakan pemainnya sendiri di menit 39. Sebuah bola yang gagal dikuasai Irfan disapu Ray Jonsson ke samping kiri gawang Etheridge.

Tak ada gol

Di babak kedua, Indonesia lebih banyak menguasai bola. Masuknya Arif Suyono menggantikan Okto dan Bambang Pamungkas mengisi posisi Irfan membuat Indonesia sedikit lebih tajam. Pada menit 72, Bambang memperoleh peluang di dalam kotak penalti Filipina. Namun lari Bepe kalah cepat dibanding Etheridge yang sigap keluar sarang dan memeluk bola.

Indonesia malah nyaris kebobolan di menit 75. Kali ini, kegagalan Markus menangkap bola lambung membuat James Younghusband bisa mengarahkan bola ke gawang Indonesia. Namun Zulkifli Syukur bisa membuang bola di garis gawang dengan kepalanya.

Gol kedua yang dinanti Indonesia masih gagal juga lewat serangan kombinasi Bepe dan El Loco di menit 79. Umpan silang Bepe dari kiri gagal ditanduk Gonzales karena terlalu tinggi. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan. Indonesia tinggal membutuhkan hasil seri saat leg 2 semifinal digelar di tempat yang sama, Minggu (19/12).

Kaus naik 100%

Sementara itu, jelang laga semifinal AFF antara Indonesia versus Filipina, warga ramai-ramai berburu kaus tim nasional Indonesia. Dampaknya, penjualan kaus pun mengalami peningkatan hingga 100%. Kaus striker Irfan Bachdim menjadi salah satu yang paling banyak dicari warga.

Seperti yang diutarakan salah seorang pembeli, Entin. Ia sengaja datang ke sentra kaus olahraga yang ada di Jln. Ahmad Yani ini, untuk mencari kaus tim nasional karena permintaan anaknya. Pembelian kaus ini sebagai dukungan terhadap tim "Merah Putih" yang berlaga di Piala AFF. Ia berharap Indonesia pada laga semifinal bisa memenangkan pertandingan dan bahkan menjadi juara Piala AFF.

"Saya sengaja datang ke sini karena memang anak saya ingin kaus tim nasional. Saya harap timnas terus menang," ungkap warga Ujungberung ini, usai membeli dua buah kaus di sentra kaus olahraga, Jln. A. Yani, Kamis (16/12).

Selain Entin, Yudi pun melakukan hal yang sama. Ia datang ke Jln. Ahmad Yani untuk membeli kaus tim nasional. Yudi memilih kaus bernomor punggung 17 milik Irfan Bachdim dan akan dipakainya saat pertandingan Indonesia vs Filipina. "Saya nonton di rumah saja, dan tetap dukung untuk kemenangan Indonesia," tuturnya.

Dede Hilda, salah seorang penjual kaus di sentra kaus Ahmad Yani mengatakan, semenjak Piala AFF bergulir dan timnas menunjukkan performa yang bagus, kaus tim "Garuda" banyak diburu warga. Tidak hanya dari Bandung, tapi juga dari luar Kota Bandung. "Ya, penjualan kaus tim nasional mengalami kenaikan hingga 100 persen," ujar Dede.

Mulai Piala AFF hingga jelang laga semifinal, Dede mengaku telah menjual 500 kaus. Jumlah tersebut belum termasuk penjualan pada Kamis (16/12). "Yang paling banyak datang ke sini perorangan," tandasnya sambil menambahkan, harga kaus ia patok mulai Rp 50.000 hingga Rp 75.000.

Karena banyaknya permintaan, Dede pun langsung membawa alat sablon di kiosnya. Sehingga, pembeli pun bisa menempelkan namanya dalam kaus tim nasional yang ia beli. Kaus bertuliskan Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales yang kini sedang menjadi bintang paling banyak diburu warga.

"Dari sekian banyak pemain, kaus dengan nomor punggung 17 milik Irfan Bachdim dan nomor punggung 9 milik Cristian Gonzales paling banyak dicari warga," ungkapnya sambil berharap timnas bisa terus memberikan kemenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini