BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

12/06/2010

Contohlah Riedl, Daniel!

Persib Bandung harus mencontoh timnas Indonesia di ajang AFF Cup 2010 yang berani menurunkan pemain muda. Pemain muda terbukti mampu mendongkrak prestasi Indonesia di ajang bergengsi tingkat ASEAN ini.

"Alfred Riedl berani memainkan pemain muda seperti Oktavianus Maniani, Ahmad Bustomi atau Beny Wahyudi. Terbukti militansi mereka bisa membuat Indonesia bermain lebih baik," ujar mantan pemain Persib Bandung, Bambang Sukowiyono (BS), Minggu (5/12).

Menurutnya, pelatih Indonesia, Alred Riedl tidak terlalu mengedepankan kebintangan pemain. Pemain yang dianggap memiliki kemampuan dan kesiapan untuk bermain akan menjadi pilihan utamanya.

"Pemain muda Persib pun memiliki kemampuan yang cukup baik. Jika diberi kesempatan maka mereka pun akan menunjukkan kualitasnya. Apalagi sebagai pemain muda tentu akan memiliki fighting spirit yang tinggi. Ini sangat bagus untu Persib," katanya.

Dikatakan, dengan munculnya pemain muda, militansi timnas Indonesia pun semakin tinggi. Hal itu sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dimunculkan di tubuh Persib.

"Kuncinya disiplin. Disiplin harus menjadi keharusan di dalam sebuah tim. Disiplin akan muncul jika ada kemauan di dalam tim. Semua elemen di dalam tim harus mendukungnya. Mulai dari pelatih, pemain, dan manajemen. Semua harus disiplin. Jika itu dilakukan maka militansi pun akan muncul. Itu yang selama ini dilakukan Riedl," jelas mantan asisten pelatih timnas Indonesia U-16 ini.

Hal senada diungkapkan pegiat komunitas Persib Watch, Yaman. "Yang perlu dicontoh bagaimana timnas Indonesia menciptakan bintang-bintang sepak bola baru. Alfed Riedl mampu menciptakan bintang baru seperti Irfan Bachdim atau Octavianus Maniani. Sedangkan Persib hanya baru bisa mengumpulkan bintang dan bukan menciptakannya," kata Yaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini