BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

12/08/2010

DR Siapkan Program Latihan Persib

BANDUNG - Pelatih baru Persib Bandung Daniel ‘DR’ Roekito rupanya belum mulai melatih para punggawa Persib pada sesi latihan, Senin (6/12/2010). Selain membiarkan Robby Darwis menghabiskan program Jovo Cuckovic, persoalan administrasi pun menjadi alasan.

Daniel mengaku baru akan mulai melatih pada saat pemusatan latihan (TC) di Kabupaten Subang yang akan berlangsung sejak Rabu (8/12/2010) besok. Pada saat TC tersebut, imbuhnya, dirinya akan langsung menerapkan program tanpa ampun bagi semua pemainnya.

"Gak ada ampun sudah. Tuntutan tim ini adalah setiap laga harus menang. Jadi, kalau mau menang ya harus serius. Apalagi banyak hal yang harus kita benahi, mulai dari fisik, teknik, taktik dan mental. Pada uji coba, terlihat tim ini masih kacau," ungkap Daniel yang memantau latihan di pinggir lapangan.

Eks pelatih Persiba Balikpapan ini menyatakan, sebelum tim berangkat ke Kabupaten Subang, dirinya akan melakukan tes cepat selama 40 menit. Tes yang dimaksudkan adalah untuk mengukur kondisi terakhir para pemain sebelum berangkat. Utamanya, kata Daniel, adalah untuk melihat sejauh mana fisik para punggawanya tersebut.

TC di Kabupaten Subang sendiri, jelas Daniel, akan dibagi dua tahap. Yang pertama, kata Daniel, adalah mengukur kemampuan fisik pemain untuk tampil selama 2x45 menit. Yang kedua, imbuhnya, untuk memaksimalkan kerjasama tim setelah sekitar dua pekan bersama di TC.

Di Kabupaten Subang juga, eks arsitek PSS Sleman ini akan mengadakan satu kali uji coba. Uji coba ini, imbuhnya, untuk mengukur hasil latihan yang diterapkannya. Setelah itu, timnya akan melawan Persema Malang pada 18 Desember nanti sebagai laga ujicoba sekaligus laga amal bagi korban bencana di Indonesia.

"Kalau ditanya apa target saya lawan Persema nanti, saya tidak punya target apa-apa. Tapi sebagai tuan rumah, tentu kita harus menang di hadapan bobotoh. Jadi, saya kembalikan kepada pemain mereka ingin apa di laga uji coba tersebut," jelasnya.

Namun, dirinya memastikan kondisi anak asuhnya pada saat laga uji coba hanya sekitar 70%. Sebab, pada saat uji coba berlangsung, program latihan baru pada tahap pertengahan. "Tapi tidak masalah karena ini kan sudah diprogramkan sejak jauh hari sebelum saya datang. Kita tetap maksimal saja," ujarnya.

Asisten pelatih Robby Darwis mengatakan, TC di Kabupaten Subang akan fokus membenahi kecepatan para pemain. Termasuk, dalam hal kerjasama tim dan strategi bermain. Fisik pun menjadi fokus pembenahan sesuai dengan program yang diakuinya sudah ada.

"Program sudah ada dan langsung kita terapkan saat TC nanti. Semua materi ada di sana. Kita akan genjot fisik habis-habisan dan juga akan mengasah kemampuan kerjasama di lapangan. Dan kebersamaan juga menjadi salah satu program penting," pungkas Robby.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini