BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

12/13/2010

Pemain Harus Jaga Suasana Kondusif

Persib Bandung harus terus menjaga suasana kondusif tim yang mulai terbangun saat ini. Jika ini bisa terjaga, Persib diyakini bisa bangkit dari keterpurukannya.
"Kondisi saat ini sepertinya mulai kondusif. Olah karenanya, kondisi ini harus terus dipertahankan. Jangan lagi diganggu hal-hal kecil," kata mantan pemain Persib Bandung, Risnandar Soendoro di sela-sela launching Persib U-21 di Mes Persib Jln. Ahmad Yani, Minggu (12/12).

Diungkapkan Risnandar, salah satu contoh yang dapat mengganggu suasana kondusif tim adalah masuknya pemain baru. Menurutnya, bergabungnya Johan Yoga Utama dikhawatirkan bisa mengganggu kesolidan tim. Pasalnya Johan masuk saat Persib tengah terpuruk dan kompetisi tengah berjalan. Meski memiliki kemampuan yang cukup baik, Johan dinilai masih belum matang.

Sedangkan dengan kondisi saat ini, lanjut Risnandar, tim lebih memerlukan pemain yang matang dan siap mengangkat posisi di klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011.

"Kalau ingin mencari pemain, ya lebih baik yang sudah berpengalaman dan benar-benar matang. Kalau hanya bergabung untuk latihan, kenapa tidak menggunakan pemain lokal Persib," tegas Risnandar.

Diungkapkannya, hal itu dikhawatirkan bisa menimbulkan situasi yang merugikan antarpemain. "Dikhawatirkan semangat dan motivasi pemain menjadi menurun. Ini yang perlu dipikirkan manajemen," ujarnya.

Berbeda jika Johan bergabung dengan Persib di awal musim. Bahkan dengan kemampuannya, Johan memungkinkan untuk bergabung bersama Persib.

Untuk itu, lanjut Risnandar, manajemen perlu berhati-hati dalam mengambil sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini