BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

12/16/2010

Sikat Filipina, Indonesia Buka Peluang

Indonesia membuka peluang lolos ke final Piala AFF 2010 setelah mencatat kemenangan tipis 1-0 atas Filipina dalam leg pertama semi-final di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis [16/12] malam WIB.
Dengan kemenangan itu, maka Indonesia cukup meraih hasil imbang pada leg kedua di tempat yang sama, Minggu [19/12] malam WIB. Selain itu, Indonesia menjadi tim pertama yang mengalahkan Filipina di Piala AFF 2010.

Berlaga di hadapan 80 ribu penonton, termasuk presiden Susilo Bambang Yudhono, Indonesia tampil dominan sepanjang pertandingan. Sebaliknya, Filipina tetap mempertahankan taktik bertahan sambil sesekali melakukan serangan balik.

Sejumlah peluang berhasil diperoleh timnas senior, namun tidak satu pun yang menghasilkan gol. Pada menit kesepuluh, bola sodoran Oktovianus Maniani tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh Cristian Gonzales.

Peringatan pelatih timnas senior Alfred Riedl mengenai serangan balik Filipina cukup beralasan. Berawal dari serangan ke pertahanan Indonesia, Phil Younghusband yang mendapat ruang bebas melepaskan tembakan keras, sehingga memaksa Markus Haris Maulana menepis bola pada menit ke-13
Setelah melakukan tekanan hebat ke pertahanan Filipina, tuan rumah akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-31 melalui sundulan Cristian Gonzales memanfaatkan kesalahan kiper Neil Etheridge mengantisipasi umpan Firman Utina.

Di babak kedua, Indonesia kembali mencoba menekan pertahanan Filipina untuk menggandakan keunggulan. Sementara Filipina tetap bermain lepas tanpa beban dengan taktik andalan serangan baliknya.

Namun dibanding babak pertama, Filipina lebih berani keluar menyerang di paruh kedua. Beberapa kali pertahanan Indonesia mendapat tekanan lewat serangan sayap sambil melepas umpan silang.

Walau mendominasi permainan, serangan Indonesia tidak terlalu mengancam pertahanan Filipina. Peluang emas didapat Gonzales, tapi striker Persib Bandung ini kalah cepat dibandingkan pemain belakang lawan.

Serangan balik Filipina memang sangat berbahaya. The Azkals nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-75 ketika tendangan James Younghusband dengan membelakangi gawang nyaris menjebol gawang Markus. Beruntung masih ada Zulkifli Syukur yang berhasil menghalau bola yang meluncur ke arah gawang kosong.

Setelah mendapat tekanan dari lawan, Indonesia mencoba bangkit untuk memperbesar keunggulan. Walau mendapatkan beberapa peluang, tapi tidak mampu menambah gol. Hingga pertandingan usai, skor 1-0 tetap bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini