BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

11/17/2010

Pindah Ke Jalak Harupat?

Manajer Persib Bandung, H Umuh Muhtar mengungkapkan harapannya untuk Persib agar bisa menggunakan stadion Si Jalak Harupat yang terletak di Soreang Kabupaten Bandung sebagai home base timnya sebelum stadion Gedebage dapat digunakan. Keinginan ini terlontar karena ia mendapat kabar bahwa stadion Siliwangi Bandung yang selama ini digunakan, tidak dapat digunakan menggelar pertandingan pada malam hari.

Pihak Kodam III Siliwangi kabarnya tidak mengijinkan stadion Siliwangi untuk dipakai pertandingan Persib pada malam hari. Karena hal ini menyebabkan acara yang diadakan di gedung Graha Siliwangi terganggu,” ungkap H Umuh disela-sela perayaan potong kurban didaerah rumahnya.

Stadion Siliwangi sendiri digunakan oleh Persib mulai awal musim kompetisi 2010/11 karena stadion Si Jalak Harupat sedang dilakukan perbaikan selama 6 bulan mulai dari sekitar lima bulan lalu.

Walau kapasitas stadion Siliwangi tidak mampu menampung animo bobotoh, namun tidak adanya pilihan lain membuat Persib sementara ber-home base di stadion milik Kodam III Siliwangi tersebut.

Sementara itu, stadion Gedebage yang digadang-gadang bertaraf internasional, sampai akhir tahun ini belum juga ada tanda-tanda akan cepat selesai. Padahal kebutuhan Persib akan stadion yang mampu menampung bobotohnya itu sangatlah mendesak. Stadion ini kabarnya baru akan bisa digunakan pada akhir tahun 2011.

“Jika pada bulan Januari tahun depan stadion Si Jalak Harupat sudah rampung direnovasi, maka saya harap Persib dapat menggunakannya kembali. Sekalian menunggu stadion di Gedebage itu rampung,” ujar H Umuh.

Persib sendiri akan kembali mengadakan pertandingan kandang di bulan januari dengan ditantang Persibo Bojonegoro pada tanggal 5, lalu Persijap Jepara tanggal 8, Arema Indonesia tanggal 23, dan Persema Malang tanggal 26.
Read More »»

Meningkatkan Kekuatan Otot

Para pemain mulai melakukan latihan berat. Pada latihan hari kedua pascalibur 12 hari, Atep dkk. menjalani latihan fitness di tempat kebugaran Kompleks Batununggal Indah Bandung, Selasa (16/11) pagi. Menurut pelatih fisik Entang Hermanu, latihan fitness berguna untuk mengetahui kekuatan, daya tahan, meningkatkan refleks otot pemain dalam menerima rangsangan. Latihan ini akan dilakukan secara bertahap agar otot pemain dapat menyesuaikan dengan tingkat beban yang diberikan. Pada masa persiapan sebelum kompetisi Liga Super Indonesia 2010-2011 tidak melakukan latihan seperti ini secara terprogram seperti sekarang. "Latihan akan dilakukan seminggu dua kali," kata Entang

Pada latihan ini, para pemain diharuskan melakukan beberapa tahapan seperti "sit up", "back press", latihan otot tungkai, dll. Selain oleh Entang, latihan dibimbing instruktur dari Batununggal Fitness Centre. Para pemain secara bergiliran melaksanakan tahapan tersebut. Latihan dimulai pukul 8.00 dan berakhir pukul 10.00 WIB. Pablo Frances belum ikut latihan dan sudah meminta izin karena pulang ke Argentina. Sementara delapan pemain sedang mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia dan Singapura.

Entang berharap agar latihan ini menuai hasil maksimal, para pemain dapat menjaga kondisi dengan baik seperti istirahat yang cukup, makan dengan gizi yang baik. Hal itu pada akhirnya bisa membuat pemain dapat bermain dengan penuh percaya diri. ***
Read More »»

Persib Pengelola Bisnis Terbaik

Meski prestasi Persib saat ini berada di zona degradasi, hal itu tidak mengurangi penilaian dari PT Liga Indonesia (Liga) dalam hal pengelolaan bisnis dalam sepakbola. Berdasarkan hasil kajian Liga, PT Persib Bandung Bermartabat terbaik dalam pengelolaan aspek bisnis. Menurut CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, Persib bersama Arema dan Jayapura memiliki nilai komersialisasi yang bagus dan stabil. "Namun, dalam pengelolaan, Persib yang bagus," ujarnya, di Jakarta, Senin (15/11).

Dalam aspek bisnis ini, Persib membuat terobosan dengan mendapat sponsor utama dengan durasi kontrak 3 tahun. Honda sebagai sponsor utama, berhak memasang logo secara ekslusif di bagian depan. Kemudian ada sponsor lain di belakang kostum, Evalube dan di lengan kiri, Yomart, serta apparel Joma. Begitu juga saat menjadi tuan rumah, pendapatan Persib dari "A-board" cukup tinggi. PT Persib Bandung Bermartabat juga melakukan inovasi bisnis ritel untuk menghidupi biaya bulanan dengan menjual Persib Phone SkyBee, program Persib-XL. "Namun, dalam pendapatan dari tiket pertandingan tampaknya belum maksimal. Hal itu karena Persib masih belum menggunakan Stadion Si Jalak Harupat sebagai 'home ground'," ujar Joko. Pendapatan dari bisnis ini, diprediksikan sudah bisa menutupi sekitar 40-50 persen biaya kompetisi.

Pendapatan dari tiket tertinggi, masih milik Arema. Dalam setiap pertandingan kandang, panpel Arema bisa mendapatkan laba bersih sekitar Rp 600 juta sampai Rp 800 juta. Bahkan, mereka pernah mendapatkan sampai Rp 1 miliar. Hal itu tidak lepas dari kesadaran suporternya dalam membeli tiket untuk menyaksikan pertandingan. "Klub lain masih jalan ditempat. Mereka masih stagnan. Diharapkan semua klub bisa memanfaatkan secara maksimal segala potensi bisnis," ujarnya. ***

Read More »»

Bobotoh Sentil Skuad Persib

Persib Bandung, Senin (15/11) sudah menggelar latihan tim yang dilaksanakan di Stadion Siliwangi Bandung, namun di sela-sela latihan sesi sore hari yang berlangsung di bawah guyuran hujan, ada sedikit aksi yang diperlihatkan bobotoh. Penampilan mengecewakan yang diperlihatkan sang Pangeran Biru di awal musim diperkirakan menjadi pemantik.

Dua spanduk bernada menyindir dibentangkan di tribun barat Stadion Siliwangi berbunyi "Where's Your Pride," dan "15 Tahun Tak Lelah Menunggu." Aksi ini berlangsung di sepanjang sesi latihan dan diakhiri oleh chants Bagimu Persib.

Kiki Esa Perdana, moderator laman resmi Viking Persib Club mengatakan alasan pemasangan spanduk tersebut dikarenakan pihaknya ingin memacu semangat para pemain sekaligus mengingatkan tugas-tugas mereka.

"Aksi ini bukan demo atau unjuk rasa, tetapi untuk mengingatkan pemain akan tugas utama mereka yaitu bermain baik, total hingga bisa membawa Persib juara. Kami ingin para pemain tergugah," kata Kiki kepada GOAL.com Indonesia.

"Pemain harus menyadari itu dan percayalah, bobotoh akan selalu memberikan dukungan penuh terhadap mereka, meski cara mendukung yang dilakukan oleh sebagian bobotoh lain terkesan menyindir atau mengkritisi keras. Itu semua dilakukan atas dasar cinta."

Bak gayung bersambut, beberapa pemain Persib menyambut aksi tersebut dengan memberikan applause ke arah bobotoh. Mereka seolah-olah mengapresiasi perhatian yang telah diberikan meski dikemas dalam bentuk aksi berbalut kritikan. Termasuk di antaranya yang memberikan applause adalah penyerang asal Brasil yang kini masih dibekap cedera Hilton Moreira dan wakil manajer Persib Dedi Firmansyah. (gk-15)

Read More »»

Persib Tunggu Pelatih Baru

BANDUNG – Manajemen Persib Bandung memastikan Jovo Cuckovic masih menangani tim. Manajemen memberikan waktu sekitar satu pekan untuk mencari pelatih berkualitas yang menggantikan Jovo menukangi Maung Bandung.

Itu artinya, nasib Jovo dipastikan akan digantikan pelatih baru. Meski begitu, manajemen belum mempertimbangkan untuk memecat pelatih asal Serbia tersebut.

“Pokoknya pemegang saham mayoritas sudah mempercayakan semuanya kepada manajemen. Makanya, keputusan yang bijak harus kita ambil,” ungkap Manajer Persib Umuh Muchtar.

Umuh menyatakan, hasil evaluasi internal manajemen menilai jika terus mempertahankan Jovo, maka sulit membangun tim yang solid. Namun, hasil keputusan tersebut belum membahas secara mendalam soal masa depan Jovo bersama Maung Bandung.

“Jadi Jovo kita biarkan tetap melatih sampai ada keputusan final soal ini,” lanjutnya kepada wartawan, Senin (15/11/2010) kemarin.

Manajemen sendiri, kata Umuh, tengah mencari profil pelatih yang mumpuni untuk menangani tim Persib agar bisa memperbaiki performa Eka Ramdhani dkk pada awal tahun nanti.

Makanya, dia mengaku manajemen tidak akan gegabah untuk menentukan pengganti Jovo jika memang nantinya harus diganti.
Read More »»
Ada kesalahan di dalam gadget ini