BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

12/15/2010

Pemain Masih Kelelahan

Menjalani latihan berat sejak Rabu (8/12) di Indramayu, membuat Atep dkk. dalam kondisi kelelahan. Namun, mental, disiplin, kolektifitas permainan, daya juang tim serta kemampuan individu pemain meningkat pesat. Pada uji coba melawan Persindra Rabu (15/12), para pemain sudah memperlihatkan kemajuan yang signifikan diberbagai aspek, khususnya mental dan semangat bermain. Pelatih Daniel Roekito memaklumi kondisi pemain saat ini karena masih dalam program latihan fisik. "Namun, mereka tetap bersemangat dalam uji coba. Ini sesuatu yang bagus. Berarti pemain memiliki kemauan kuat," ujarnya.

Dalam uji coba, Daniel menerapkan formasi 3-4-3. Dengan formasi baru dari semula 4-4-2, menurut "stopper" Nova Arianto menjadi lebih solid. Meski formasi bukanlah hal yang paling utama, pemain yang sedang dalam masa pembentukkan ini telah diberi suntikan semangat, warna baru, serta motivasi yang mengugah oleh pelatih baru. Menurutnya, Daniel lebih terbuka kepada pemain mengenai permasalahan di lapangan. Hal tersebut membuat pemain tidak canggung dan termotivasi untuk bertanya dan berdiskusi, khususnya para pemain muda. "Apapun formasinya, jika kita tidak bersungguh-sungguh dan bermain sepenuh hati, ya sama saja. Saat ini kami sedang dalam proses perubahan menuju lebih baik. Semoga efek dari latihan ini akan memberikan nilai positif bagi Persib," ujar Nova.
Senada dengan Nova, striker asal Argentina Pablo Alejandro Frances mengatakan, Persib saat ini sudah berbeda dengan beberapa minggu ke belakang. Pasalnya, kedatangan Daniel dinilai Pablo memberikan nilai positif. Menurutnya, latihan di bawah pimpinan Daniel lebih bervariasi dan demokratis. Pemain bisa berdiskusi di lapangan saat latihan. Tidak hanya itu, Daniel tidak membeda-bedakan pemain, baik itu pemain senior atau junior. Semua mendapatkan perhatian serta kesempatan yang sama. "Pelatih membuat para junior lebih bersemangat latihan, dan kita semakin bermain cantik," ujar Pablo
Read More »»

Persib menang 5 - 0 lawan Persindra

Persib akhirnya berhasil menang 5 gol tanpa balas atas tuan rumah Persindra Indramayu dalam laga uji coba di Stadion Tridaya Indramayu, Rabu (15/12) sore.

Dalam kemenangan telak tersebut, Atep memborong dua gol masing-masing menit 5 dan menit 37 melalui eksekusi tendangan penalti. Tiga gol lainnya dijaringkan Wildansyah menit 4, Airlangga Sucipto menit 63 dan Rahmat Afandi menit 71.

Dalam susunan pemain yang diturunkan dalam formasi 3-4-3, pelatih Persib, Daniel Roekito, menurunkan starting line up: Dadang Sudrajat (kiper); Nova Arianto, Wildansyah dan Yudi Khoerudin (bek).

Di posisi tengah menurunkan Atep, Agung Pribadi, Munadi dan Hariono. Sedangkan trisula lini depan menurunkan Airlangga Sucipto, Siswanto dan Pablo Frances.

Di bangku cadangan terdiri dari Johan Yoga, Rahmat Afandi, Shahril Ishak, Rendi Saputra dan Diaz Angga. Sementara Cecep Supriatna, Isnan Ali dan Jejen Zaenal masih mengalami cedera dan hanya menonton di pinggir lapangan
Read More »»

DR Terapkan Latihan Realistis

NDRAMAYU - Meski melihat perkembangan anak asuhnya yang cukup signifikan, namun pelatih Persib Bandung Daniel "DR" Roekito tetap memberikan porsi latihan berat. Sehingga, fisik para punggawanya bisa tetap berada pada posisi siap tempur.

Meski begitu, Daniel mengaku bahwa sejak awal dirinya selalu menerapkan latihan yang realistis. Maksudnya, kata Daniel, adalah menerapkan program latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan tim saat ini. "Jadi, semua bisa lihat saat uji coba kemarin, kita main taktis dan efektif. Ini karena kita dari awal menerapkan latihan yang realistis," ungkap Daniel, Senin (13/12/2010).

Eks pelatih Persiba Balikpapan ini menjelaskan, program latihan yang realistis juga berdasarkan masukan dari para pemain. Dia menyatakan, kehadirannya di Persib sejak awal adalah menggantikan posisi Jovo Cuckovic yang sudah melakoni enam laga sebelumnya.

Artinya, jelas Daniel, para pemain masih mengadopsi pola yang diberikan pelatih sebelumnya. Selama ini, dia menilai pola yang diterapkan pelatih sebelumnya terlalu kaku dan membuat para pemain tidak berkembang. Apalagi, dirinya juga mendapat banyak masukan dari anak asuhnya.

"Saya ajak anak-anak bicara, apa mau mereka. Setelah mereka bicara dan memberikan masukan, baru saya terapkan dengan program yang saya punya. Hasilnya, saya realistis saja bahwa latihan yang kita lakukan agar tim ini terus menang. Jadi, praktis saja latihan strateginya," jelasnya.
Read More »»

Shahril Belum Fit

Kurang dari 12 jam setelah tiba di Indramayu pada Senin (13/12) malam, gelandang tim nasional Singapura, Shahril Ishak langsung mengikuti sesi latihan pagi Persib Bandung di Stadion Tridaya Indramayu, Selasa (14/12). Namun, karena kondisinya belum fit dan tidak siap menghadapi program latihan berat ala Daniel Roekito, Shahril sedikit kewalahan untuk mengikuti irama latihan rekan-rekannya yang lain.

Kendati demikian, Daniel bisa memaklumi situasi yang dihadapi Shahril. "Shahril baru tiba malam hari, terus paginya dia sudah latihan. Ya, pasti staminanya kurang fit, dia masih perlu istirahat," ujar Daniel seperti dikutip situs resmi Persib.

Daniel mengatakan, ia justru sangat menghargai itikad baik pemain terbaik Liga Singapura 2010 ini untuk langsung mengikuti latihan, meski kondisinya belum prima. Dengan porsi yang sama dengan pemain lainnya, Shahril mencoba mengikuti dengan semangat.

Pada sesi latihan pagi kemarin, Daniel memberikan program latihan untuk memoles penguasaan bola, kecepatan, dan diakhiri dengan game sepertiga lapangan. Selain itu, Daniel juga menekankan kepada para pemainnya untuk melakukan pemanasan secara maksimal agar terhindar dari cedera.

Cecep istirahat

Sementara itu, pada sesi latihan game, penjaga gawang Cecep Supriyatna yang dibekap cedera di bagian dadanya usai berbenturan dengan Airlangga belum dilibatkan. Sebagai gantinya, pelatih kiper Anwar Sanusi terpaksa ikut game. Anwar berada satu tim bersama Nova Arianto, Pablo Frances, Wildansyah, Siswanto, Munadi, M. Agung Pribadi, Johan Yoga Utama, dan Isnan Ali. Sedangkan di grup lain dihuni Dadang Sudrajat (kiper), Yudi Khoerudin, Dias Angga Putra, Airlangga Sutjipto, Rendi Saputra, Hariono, Rahmat Afandi, Atep, dan Shahril.

Karena akan ada pertandingan uji coba melawan Persindra Indramayu, Rabu (15/12), Daniel mengistirahatkan pemain dari kegiatan latihan pada sore harinya
Read More »»

Persib Diuji Persindra

Setelah sembilan hari menjalani pemusatan latihan di Indramayu, seluruh anggota skuad Persib Bandung akan kembali ke Bandung, Kamis (16/12). Tapi sebelum pulang, Nova Arianto dan kawan-kawan harus menghadapi Persindra Indramayu dalam pertandingan uji coba yang dimainkan di Stadion Tridaya Indramayu, Rabu (15/12) sore.

Ya, besok sore (hari ini, red), kita jadi mengadakan pertandingan uji coba melawan Persindra," kata pelatih penjaga gawang Persib, Anwar Sanusi ketika dihubungi "GM", Selasa (14/12) malam.

Bagi Persib, ini adalah pertandingan uji coba kedua selama masa pemusatan latihan di Indramayu. Sebelumnya, Airlangga dan kawan-kawan tanpa ampun "menghajar" kesebelasan Universitas Wiralodra Indramayu 12-0, Minggu (12/12). Bagi pelatih anyar Persib, Daniel Roekito, pertandingan uji coba kedua ini merupakan ajang untuk melihat perkembangan performa anak asuhnya setelah berlatih keras dalam sepekan terakhir di Indramayu.

"Pertandingan uji coba ini tujuannya hanya untuk melihat perkembangan pemain setelah menjalani latihan. Kalau ada kelemahan, kita perbaiki lagi," kata mantan pelatih Persiba Balikpapan ini.

Dimainkan semua

Kecuali penjaga gawang Cecep Supriyatna yang masih dibekap cedera di bagian dadanya, Daniel kemungkinan besar bakal memberikan kesempatan kepada semua pemainnya untuk tampil, tak terkecuali Shahril Ishak, gelandang tim nasional Singapura yang baru bergabung di Indramayu pada Senin (13/12) malam. Menurut Daniel, meski kondisinya belum seratus persen fit, Shahril masih memungkinkan untuk tampil.

"Saya ingin melihat perkembangan pemain. Jadi, semua pemain akan saya berikan kesempatan bermain. Soal kemenangan dan berapa gol yang akan dicetak, itu tidak terlalu penting," kata Daniel.

Bagi Persib, laga melawan Persindra ini merupakan pemanasan sebelum memainkan laga amal melawan Persema Malang di Stadion Siliwangi, Sabtu (18/12).

Jumat, Persema tiba

Sementara itu, rombongan Persema Malang yang akan menjadi lawan Persib Bandung pada laga amal di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu (18/12) bakal tiba di Bandung, Jumat (17/12) pagi. Rencananya, Bima Sakti dan kawan-kawan akan langsung mengadakan latihan di Stadion Siliwangi pada sore harinya.

Informasi kedatangan Persema itu disampaikan Ketua Panpel Pertandingan Amal, Jafar Sidik, S.E., Selasa (14/12). "Besok (hari ini, red), pelatihnya sudah ada di Bandung. Tapi rombongan besar Persema baru datang pada Jumat (17/12) pagi," kata Jafar ketika dihuungi "GM", Selasa (14/12).

Berdasarkan informasi yang sudah didapatkannya, Jafar mengatakan, Persema akan datang ke Bandung dengan materi pemain terbaiknya. "Kita berharap, pertandingan amal ini akan menjadi tontonan yang mengesankan buat publik sepak bola Bandung," katanya.
Read More »»
Ada kesalahan di dalam gadget ini