BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

2/08/2011

Nurdin Halid Hendaknya Sadar Diri

Pengamat sepak bola, Ari Junaedi, menilai, masih banyaknya dukungan anggota PSSI kepada Ketua Umum, Nurdin Halid, untuk kembali menjabat pada periode 2011-2015, membuktikan Nurdin enggan mundur dari posisinya. Sebagaimana diberitakan, Nurdin mendapatkan suara tertinggi dari kedua calon lainnya yakni George Toisutta, dan Nirwan Dermawan Bakrie.

Dari 100 pemiliki suara, Nurdin mendapatkan 81 dukungan suara dan Toisutta mendapatkan 12 suara. Sementara Nirwan mendapatkan suara paling kecil yakni dua suara. "Sudah bisa dipastikan pula, Nurdin Halid masih ogah mundur apalagi masih ada suara yang mendukungnya selain nama wakil ketua umum PSSI periode sekarang Nirwan Bakrie dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat George Toisutta," kata Ari kepada Kompas.com, Senin (7/2/2011).

Karena itu, Ari menilai, hal ini menjadi sulit bagi penantang incumbent seperti Toisutta untuk melenggang ke kursi Ketua Umum PSSI. "Ibarat sebelum masuk medan tempur, Toisutta sepertinya mendapatkan banyak serangan awal dari konstelasi suara dukungan dari daerah-daerah. Nurdin lewat komite penyeleksi calon ketua umum sepertinya masih ingin menunjukkan tajinya bahwa dia masih didukung mayortitas daerah. Padahal saat inilah momentum yang tepat bagi Nurdin untuk lengser keprabon," jelas Ari.

Menurut Ari yang juga berprofesi sebagai pengajar komunikasi politik di sejumlah perguruan tinggi ini, Toisutta harus bisa mengeksploitasi maksimalisasi dukungan yang sebanyak-banyaknya di sisa waktu yang tersisa. "Dukungan Arffin Panigoro kepada Toisutta hendaknya menjadi palang kekuatan baru untuk menghadang duet Nurdin-Nirwan. Jika insan pecinta sepak bola ingin menghendaki perubahan besar dalam sepak bola mau tidak mau harus memberi 'tekanan' kepada pengurus sepakbola di daerahnya masing-masing agar jangan memilih Nurdin kembali di Bintan nanti," papar Ari.

Ketiga bakal calon ketua umum ini sedang tahap verifikasi yang akan diumumkan pada 15 Februari mendatang. Kandidat yang lolos verifikasi akan bertarung dalam kongres pemilihan di Pulau Bintan pada 19 Maret nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini