BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

1/03/2011

Pablo Frances Terinspirasi Gonzales

Penampilan cemerlang Cristian Gonzales saat membela timnas Indonesia di ajang Piala AFF membuat Pablo Frances termotivasi.

Kepada Harian Sindo, Pablo menyatakan bahwa dirinya siap memperbaiki permainannya sehingga duetnya dengan Gonzales akan membuat lini depan Persib Bandung menjadi lebih tajam.

"Tapi saya percaya dia (Gonzales) akan membawa semangat itu ke Persib. Saya siap memperbaiki duet dengan Gonzales," ungkap Pablo.


Selain Gonzales dan Pablo, Persib juga mempunyai satu orang penyerang asing lagi yaitu Hilton Moreira dari Brasil. Namun hal tersebut tampaknya tidak terlalu merisaukan Pablo karena pelatih baru Persib, Daniel Roekito, akan menampilkan skema 3-4-3 di setiap laga Maung Bandung.

Sehingga Pablo merasa yang diperlukan dirinya saat ini adalah membuktikan kepada pelatih dan rekan-rekannya bahwa dia masih bisa berkontribusi maksimal demi kepentingan tim.

"Melawan Sriwijaya memang jadi pembuktian tersendiri bagi tim dan secara pribadi bagi saya. Kalau diturunkan, saya akan memberikan performa terbaik saya. Hal ini agar pelatih terus percaya akan kemampuan saya. Tentu menciptakan gol adalah pembuktian awal," pungkasnya.
Read More »»

Siswanto Disiapkan di Dua Posisi

Hampir satu bulan Daniel Roekito menukangi Persib, perubahan sudah mulai dilakukan pelatih asal Rembang ini. Selain perubahan dalam formasi dari 4-4-2 menjadi 3-4-3, para pemain pun mulai dilatih untuk bisa menempati dua posisi berbeda dalam formasi anyar tersebut.

Salah satu pemain yang mendapatkan porsi dua posisi berbeda adalah gelandang serang Siswanto. Daniel tampaknya melihat potensi besar pada Siswanto untuk menempati posisi penyerang sayap dan juga gelandang sayap.

"Pelatih sekarang lebih tahu dengan karakter para pemain sehingga dia bisa menempatkan pemain pada posisi yang tepat. Sebelumnya di Persema Malang, saya juga ditempatkan di posisi penyerang sisi dan sesekali di posisi gelandang sayap dan gelandang serang," ujar Siswanto, yang dihubungi Minggu (2/1).

Siswanto memang mempunyai kelebihan pada teknik dribling dan menusuk dari bagian sisi lapang. Kecepatan yang dimilikinya berpotensi merepotkan pertahanan lawan. Hal ini semakin cocok dengan skema permainan yang akan dikembangkan Daniel di Persib.

Pelatih kelahiran Rembang ini sebelumnya mengungkapkan bahwa ia berniat untuk menggunakan pola tiga penyerang setelah melihat materi yang dipunyai Persib. "Mudah- mudahan dengan skema yang dilatih oleh coach Daniel bisa membawa perubahan signifikan pada prestasi Persib," kata pemain bernomor punggung 22 ini
Read More »»

Pelatih Persib Kritik Markus Selama di Timnas

Berbeda dengan penampilan Cristian Gonzales yang cukup baik selama memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF, performa kiper Markus Haris Maulana (Markus Horison) dan bek Maman Abdurachman justru mendapat kritik dari sang pelatih Persib Bandung Daniel Roekito.

Daniel Roekito menilai, penampilan Markus maupun Maman sepanjang penyelenggaraan Piala AFF 2010, keduanya bermain labil dan banyak blunder.
"Seorang kiper itu, harus menjalankan fungsi sebagai pertahanan terakhir. Jika dalam sebuah momen sekali saja melakukan kesalahan, maka itu akan sangat fatal bagi tim," terang Daniel kemarin malam.

Daniel menyatakan, ia tak pernah menginginkan kedua pemainnya, banyak melakukan blunder ketika membela Maung Bandung nantinya.
Sama halnya dengan Gonzalez dan Eka, kiprah Markus dan Maman selama memperkuat timnas jadi bagian dari evaluasi yang dilakukan Daniel sebelum menentukan starting eleven ketika Persib menghadapi Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang, Rabu, 12 Januari nanti pada lanjutan Indonesia Super League (ISL) musim dua.

"Terlepas dari penampilan mereka baik ataupun buruk selama membela timnas, ini jadi bahan evaluasi untuk memperbaiki permainan tim. Jangan sampai kekurangan itu berulang di Persib," tandas Daniel.

Menghadapi Laskar Wong Kito, Daniel sendiri berujar Persib cukup siap membawa pulang minimal satu poin meski harus tampil tanpa Maman yang terkena skorsing akumulasi kartu kuning.
Read More »»

Persib Beli Pierre Njanka dari Arema?

Kegagalan Persib Bandung mendapatkan bek tangguh Pierre Njanka mungkin bisa segera ditebus. Maung Bandung siap menampung Njanka dari Arema FC.

Bek tangguh asal Kamerun ini digosipkan segera berkostum Persib, klub yang gagal mengikatnya pada bursa transfer pramusim lalu. Kini, Maung Bandung jadi klub terdepan dan paling siap menampung Njanka yang isunya sudah tak betah bermain di Arema. Juara Liga Super Indonesia (ISL) musim lalu itu dilanda kesulitan keuangan.

Manajer Persib, Umuh Muchtar mengakui satu slot jatah pemain asing tersisa bakal diproyeksikan untuk pemain belakang. Namun, Umuh menyatakan belum bisa berkomentar banyak, termasuk membenarkan rumor pembicaraan antara manajemen Persib dengan pihak Njanka.

“Belum lah saat ini, fokus utama kami menyelesaikan seluruh pertandingan hingga putaran pertama. Belum ada pembicaraan serius dengan pelatih soal siapa pemain yang bakal didatangkan pada putaran 2 nanti. Tapi, memang rencananya kami akan mendatangkan seorang bek asing,” kata Umuh.

Kabar pendekatan Persib terhadap Njanka salah satunya tak lepas dari isu jika sejumlah pemain Singo Edan acap dibuat jengah oleh manajemen akibat sering dilakukan penundaan gaji. Bahkan, terkadang penundaan itu dalam jangka beberapa bulan.

Umuh menegaskan rencana mendatangkan pemain belakang bisa saja berubah sesuai perkembangan hingga putaran 1 berakhir. Tim pelatih yang dipimpin Daniel Roekito menyatakan untuk sementara tidak perlu menambah pemain di lini belakang.

“Jadi siapa tahu nanti berubah, bisa saja nanti pelatih menginginkan seorang gelandang, bisa jadi juga seorang striker. Jadi tunggu sampai putaran pertama berakhir saja,” terang Umuh.

Maung Bandung merupakan salah satu pihak yang memetik keuntungan setelah Cristian Gonzales resmi mengantongi paspor Indonesia. Perubahan status kewarganegaraan El Loco membuat Maung Bandung kini memiliki peluang menambah barisan pemain asing.
Persib kini baru memiliki empat pemain saing dari lima jatah yang diperbolehkan PT Liga Indonesia. Empat pemain asing Persib yakni duet Singapura Syahril Ishak dan Baihakki bin Kaizan, Hilton Moreira (Brasil) serta Pablo Alejandro Frances (Argentina)
Read More »»

6 Laga Dihapus

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono menyatakan bahwa pihaknya akan meniadakan 6 pertandingan bagi tiap-tiap klub Liga Super Indonesia terkait mundurnya 3 klub yaitu PSM Makassar, Persema Malang, dan Persibo Bojonegoro. Ketiga klub tersebut juga dinyatakan terdegradasi karena memutuskan mengikuti kompetisi Liga Primer Indonesia.
6 laga yang dihapuskan tersebut adalah laga kandang dan tandang melawan PSM Makassar, Persibo Bojonegoro dan Persema Malang. Keputusan ini diambil untuk menyelamatkan kompetisi LSI setelah hanya tersisa 15 klub.
Menurut Joko, kompetisi Liga Super Indonesia harus terus berjalan walau tersisa 15 klub saja. LSI juga tidak akan menambah klub untuk menggantikan posisi ketiga klub yang mundur tersebut dari divisi utama. LSI, Disvisi Utama, dan kompetisi dibawahnya dianjurkan untuk terus berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk klub-klub LSI yang sudah pernah bertanding melawan PSM, Persema atau Persibo, PT LI menyatakan bahwa hasil pertandingannya akan hangus. Maka kekalahan Persib 2-1 atas PSM tanggal 23 Oktober lalu pun akan dihapus.

“Poin kemenangan, selisih gol melawan mereka, ditiadakan. Dalam aturan umum pertandingan, kalau ada klub yang mundur pada putaran pertama, seluruh jadwal pertandingan klub yang melawan ketiga klub tersebut dianggap batal. Kalau misalnya mereka mundur pada putaran kedua, otomatis pembatalan pun dilakukan hanya pada putaran kedua saja,” kata Joko Driyono.

Dengan tidak bertandingnya 3 klub tersebut, maka mereka dipastikan akan menempati 3 posisi terbawah klasemen dan dipastikan akan terdegradasi. Sementara untuk kemungkinan hukuman tambahan, Joko Driyono mengatakan bahwa itu tergantung pada komisi disiplin PSSI yang masih akan membahas kasus ini.

Sementara itu, hari senin (3/1) malam ini, di Jakarta akan diadakan rapat tertutup yang dihadiri oleh para manajer klub LSI terkait perkembangan kompetisi. Dalam rapat ini, manajer Persib H Umuh Muhtar akan mengajukan usulan perubahan jadwal.

Petimbangannya, dengan mundurnya tiga klub, maka akan ada sedikit waktu untuk menyusun kembali jadwal pertandingan yang ada. Jadwal saat ini dianggap H Umuh terlalu berat karena jaraknya sangat berdekatan, terutama bagi Persib yang sampai bulan januari ini baru melakukan 6 pertandingan saja sementara klub lain sudah 8 atau malah ada yang sudah melakukan 11 pertandingan.

“Saya akan diskusikan dengan klub-klub lain apakah mereka sepakat dengan penyusunan jadwal tersebut. Mudah-mudahan usulan tersebut dapat diterima oleh PSSI ataupun PT Liga,” ujar H Umuh.
Read More »»

4 Pemain Timnas Hari ini Bergabung

Empat pilar Persib Bandung yang bergabung bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2010, diperkirakan akan kembali menjalani latihan bersama pemain lainnya, mulai Senin (3/1) ini. Keempat pemain Persib tersebut Eka Ramdani, Cristian Gonzales, Markus Horison, dan Maman Abdurahman.
Dengan demikian persiapan Persib jelang laga melawan Sriwijaya FC pada 12 Januari mendatang bisa lebih matang. Meski menyatakan masih lelah akibat mengikuti turnamen sepak bola tertinggi se- Asia Tenggara itu, gelandang Persib Eka Ramdani menyatakan siap berlatih.
"Insya Allah siap. Kalau langsung latihan bersama pemain lainnya pun tidak masalah," katanya ketika dihubungi wartawan, Minggu (2/1).

Menurutnya, Persib memang harus mempersiapkan diri lebih matang agar bisa melepaskan diri dari zona degradasi. Sejumlah kelemahan dan kekurangan di laga-laga sebelumnya harus segera diperbaiki.

"Ya dalam sesi latihan nanti dan seterusnya, kita harus bisa maksimal memperbaiki setiap kelemahan yang terlihat," ujar pemain bernomor punggung 8 ini.

Sementara itu, Cristian Gonzales melalui istrinya, Eva Gonzales pun menyatakan siap kembali bergabung dengan rekan-rekan lainnya. Meski sebelumnya sempat terserang flu, "El Loco" berusaha tetap mengikuti latihan bersama pelatih anyar Persib, Daniel Roekito.

"Insya Allah Cristian akan bergabung dengan yang lain," kata Eva melalui pesan singkatnya.

Sebelumnya, Daniel memang sangat mengharapkan para pemain Persib yang bergabung dengan timnas bisa kembali latihan bersama yang lainnya. Tapi ia juga tidak ingin memaksakan para pemain tersebut langsung mengikuti latihan Senin ini.

"Yang penting gabung saja dulu. Kita tahu mereka pasti kelelahan. Tapi kita memang sangat membutuhkan mereka untuk lebih mematangkan persiapan menjalani laga-laga Persib berikutnya," katanya.
Read More »»

Persib Tidak Berniat Tampung Irfan Bachdim

Mundurnya tiga tim dari Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011 menyebabkan sejumlah pemain tidak memiliki tim. Namun manajemen Persib Bandung tidak memiliki rencana menampung para pemain tersebut, termasuk bintang timnas Indonesia, Irfan Bachdim.
Seperti diketahui, PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, dan Persema Malang menyatakan megundurkan diri dari LSI. Ketiga tim tersebut kini akan bergabung dengan Liga Primer Indonesia (LPI). Namun ternyata tidak semua pemainnya ingin tetap bergabung. Pasalnya sejumlah pemain mengaku takut mendapat sanksi dari PSSI jika bergabung bersama tim yang berlaga di LPI.

Di kubu Persibo, striker Syamsul Arif menyatakan masih ragu untuk terus bergabung dengan timnya. Sedangkan di PSM, 5 pemain pilarnya juga masih belum mau bergabung di timnya jika berlaga di LPI. Yang fonemenal yaitu masih belum jelasnya nasib Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan di Persema. Kedua pemain tersebut masih belum jelas nasibnya.

"Kita belum ada rencana membawa salah satu pemain itu. Saat ini skuad Persib sudah komplet," kata Manajer Persib Bandung, H. Umuh Muchtar.

Khusus Irfan dan Kim, PSSI memang tengah berupaya agar keduanya pindah klub. Terutama bergabung dengan klub yang berlaga di LSI. Jika tetap bersama Persema, Irfan dan Kim dipastikan akan dikenai sanksi dan tidak bisa memperkuat timnas.

Umuh mengatakan, saat ini manajemen dan pelatih belum berencana menambah pemain. Termasuk para pemain yang mengundurkan diri dari klubnya.

Kendati demikian, Umuh tidak menutup kemungkinan akan menambah pemain di jeda putaran I. Hal itu pun sangat tergantung pada kebutuhan tim.

"Kalau urusan pemain diserahkan pada pelatih. Jika memang pelatih membutuhkannya, bisa saja menambah pemain. Itu pun saat transfer window," tukas Umuh.
Read More »»

Striker Malaysia Safee Sali Ingin Main di Persib

Bandung - Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengaku mendapat tawaran dari beberapa agen pemain, salah satunya adalah penyerang andalan Malaysia Mohammad Safee bin Mohammad Sali.
Pengakuan Umuh tersebut dilontarkannya saat memantau latihan perdana empat skuad timnas bersama Persib usai Piala AFF 2010 di Stadion Siliwangi Bandung, Senin (3/1/2011) pagi tadi.
"Ya, sejak Piala AFF 2010 selesai, saya mendapat banyak tawaran pemain dari beberapa agen, salah satunya adalah striker timnas Malaysia Safee," kata Umuh, di Stadion Siliwangi, Senin (3/1/2011).

Namun, Umuh mengaku menolaknya karena stok pemain depan yang dimiliki Persib saat ini dirasa sudah lebih dari cukup.

Persib memiliki enam penyerang yang akan diandalkan untuk mengejar ketertinggalan poin dari tim pesaing lainnya di Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011.

Di antaranya, Penyerang timnas Cristian Gonzales, Hilton Moreira, Pablo Frances, Rahmat Afandi, Airlangga Sutjipto dan satu pemain yang didaftarkan di Persib Junior U-21, Johan Yoga Utama.

"Tidak lah, kita sudah banyak pemain depan. Tetapi kalau untuk musim depan bisa saja, kita lihat saja nanti. Untuk saat ini kami tidak mau menganggu konsentrasi pemain dengan isu-isu pemain baru, apa lagi pemain depan," jelas Umuh.

Safee, 26 tahun, menjadi sangat populer di publik Malaysia dan Indonesia setelah tampil apik di final Piala AFF 2010 leg pertama dan kedua melawan Indonesia.

Pemain bernomor punggung 10 ini sukses menjebol gawang kiper Indonesia Markus Harison tiga kali hingga meloloskan tim Malaysia menjadi kampiun AFF CUP 2010.

Bahkan, Safee dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak Piala AFF 2010 dengan total melesakkan lima gol. Safee sendiri mengaku tertarik bermain di Indonesia, dengan alasan liga di Indonesia sangat kompetitif
Read More »»
Ada kesalahan di dalam gadget ini