BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

1/07/2011

Liga Rilis Jadwal Pertandingan Baru

PT Liga Indonesia merilis jadwal pertandingan baru, Jumat (7/1). Jadwal baru ini merupakan hasil pembaruan setelah tiga klub mengundurkan diri, yakni PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, dan Persema Malang. Dalam surat yang dikirim ke PERSIB dari PT Liga Indonesia, putaran kedua akan dimulai pada 19 Maret 2011 dan berakhir pada Minggu ketiga Juni. Pada 3-14 Maret akan diselenggarakan pertandingan babak "32 Besar" Piala Indonesia 2011, yang wajib diikuti seluruh klub Liga Super.

Dalam surat nomor: 0282/A-02/BLI-3.1/I/2011 yang ditandatangani CEO Badan Liga Sepakbola Indonesia, Joko Driyono, tertulis ada dua perubahan jadwal pertandingan, yaitu PERSIB vs Persijap Jepara menjadi Minggu, 13 Februari, dari jadwal semula Rabu, 23 Februai. Kemudian, Persiba vs Persipura, dari Kamis 17 Februari menjadi Sabtu, 12 Februari. Pada Kompetisi LSI U-21, Persib akan mengawali pertandingan pertama kandang melawan Semen Padang, Minggu, 23 Januari.

Berikut jadwal pertandingan PERSIB:
1.
Rabu, 12 Januari Sriwijaya FC vs PERSIB
2. Minggu, 16 Januari Bontang FC vs PERSIB
3. Kamis, 20 Januari Persisam vs PERSIB
4. Minggu, 23 Januari PERSIB vs Arema
5. Minggu, 30 Januari Persiwa vs PERSIB
6. Rabu, 2 Februari Persipura vs PERSIB
7. Minggu, 6 Februari PERSIB vs Pelita jaya
8. Rabu, 9 Februari PERSIB vs Semen Padang
9. Minggu, 13 Februari
PERSIB vs Persijap

Jadwal PERSIB U-21
1.
Minggu, 23 Januari
PERSIB vs Semen Padang
2. Sabtu, 29 Januari Persija vs PERSIB
3. Rabu, 9 Februari PERSIB vs PSPS
4. Rabu, 16 Februari Sriwijaya FC vs PERSIB
Read More »»

Jovo Berikan CD Latihan Tim Eropa

Penasihat teknik Jovo Cuckovic hadir melihat laga uji coba PERSIB kontra Maung Bandung FC di Stadion Siliwangi, Kamis (6/1). Kehadiran Jovo di Siliwangi bukan semata-mata hiburan melihat PERSIB melaksanakan pertandinga uji coba, tetapi Jovo mempunyai agenda untuk berbincang bersama tim pelatih mengenai program teknik yang sudah dia rancang. Dengan membawa bermacam-macam "compact disc" (CD) berisikan materi-materi teknik miliknya. Jovo memberikan CD tersebut untuk dipelajari tim pelatih. Dia sengaja memperbanyak CD yang dia koleksi selama ini dan diberikan kepada tim pelatih sesuai porsi tanggung jawabnya dengan harapan ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dan diterapkan oleh tim pelatih setelah melihat materi teknik tersebut.

Jovo memberikan masing-masing pelatih dua CD yang berisikan materi sesuai porsi mereka melatih. Jovo memberikan dua CD berisikan pelatihan formasi kepada pelatih Daniel Roekito, dua CD berisikan materi latihan kiper kepada Anwar Sanusi, dan dua CD pelatihan fisik kepada pelatih fisik Entang Hermanu. Isi CD tersebut merupakan materi-materi penerapan latihan yang sama dengan materi penerapan latihan milik klub-klub besar seperti Arsenal, Manchaster United, timnas serbia, dan timnas Portugal. Materi pelatihan tersebut dia dapatkan selama melatih di Serbia
Read More »»

42 Menit Jadi Kapten Munadi "Diejek" Senior

SEKITAR pukul 14.00 WIB atau dua jam sebelum kick-off pertandingan uji coba Persib Bandung kontra Maung Bandung FC di Stadion Siliwangi, Kamis (6/1), pelatih Daniel Roekito mengumpulkan seluruh pemainnya di ruang rapat Mes Persib, Jln. A. Yani Bandung. Agendanya seperti biasa, pengarahan menjelang sebuah pertandingan.

Selain ulas taktik, skema permainan dan hal lain yang berbau teknis, dalam pertemuan tersebut ternyata ada keputusan lain. Apa itu? "Munadi jadi kapten," ujar Atep.

Karena itu, ketika seluruh anggota tim akan meninggalkan Mes Persib menuju Stadion Siliwangi, pemain terbaik Liga Super Indonesia (LSI) U-21 2009/2010 ini langsung didaulat untuk memimpin doa. Munadi tentu saja terlihat sedikit grogi harus memimpin rekan-rekannya yang kebanyakan sudah senior.

Menangkap adanya rasa grogi itu, beberapa pemain senior langsung menertawakan Munadi begitu acara doa bersama selesai. "Asa sakeudeung pisan doa teh," celetuk Atep sambil memukul bahu Munadi.

"Kalau memimpin doa itu harus jelas, kita mau berangkat ke mana dan apa yang akan dilakukan," timpal penjaga gawang timnas, Markus Horison Rihihina.

Mendapat ejekan seperti itu, Munadi hanya bisa tertawa. Sepertinya, ia tahu kalau rekan-rekan seniornya itu hanya mencoba membesarkan hatinya sebagai kapten yang baru ditunjuk.

Di Stadion Siliwangi, sebagai kapten, Munadi masuk ke lapangan lebih awal dibandingkan rekanrekannya, tak terkecuali Nova Arianto dan Cecep Supriyatna yang pernah menyandang ban kapten. Dalam komposisi starter ada juga dua pemain timnas Singapura, Baihakki Bin Khaizan dan Shahril Ishak.

Meskipun baru, rasa grogi yang sempat diperlihatkan Munadi saat memimpin doa sama sekali tidak tampak di lapangan. Ia terlihat bermain normal, tanpa beban apa pun. Hanya saja, Munadi belum berani memberikan instruksi apa-apa sepanjang menjadi kapten, sampai ia ditarik pada menit 42 digantikan Hariono.

Nah, pada saat pergantian Munadi oleh Hariono, sedikit "insiden" terjadi. Hariono yang menerima ban kapten dari Munadi menyerahkannya kembali kepada Nova. Karena sejak awal musim ini sudah tidak bersedia lagi menjadi kapten, Nova menolak sodoran tangan Hariono.

Akibatnya, Hariono harus menjadi kapten selama tiga menit hingga jeda, karena pada babak kedua, ban kapten disandang Atep
Read More »»

Daniel Rahasiakan Tim Inti

Pelatih Persib Bandung, Daniel Roekito masih merahasiakan formasi inti yang bakal diandalkannya pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011. Pada pertandingan uji coba terakhirnya melawan Maung Bandung FC di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (6/1), pelatih asal Rembang ini masih sebatas mencoba seluruh anggota skuadnya dalam memainkan skema 3-4-3 yang akan dimainkannya.

"Soal formasi dan kerangka tim ini, sebenarnya sudah ada. Tapi bukan yang tadi (dalam pertandingan uji coba, red)," kata Daniel ketika ditanya wartawan tentang kerangka tim yang bakal diandalkannya di kompetisi nanti.

ada saat menghadapi Maung Bandung FC, Daniel hampir menurunkan seluruh anggota skuadnya, kecuali Rachmat Afandi dan Jejen Zaenal Abidin yang masih dalam masa pemulihan cedera. Di posisi starter, Daniel menurunkan komposisi Cecep Supriyatna (kiper), Baihakki Bin Khaizan, Yudi Khoerudin, Nova Arianto (belakang), Isnan Ali, Munadi, Shahril Ishak, Rendi Saputra (tengah) serta trio striker Siswanto, Pablo Frances, dan Airlangga.

Baru 21 menit pertandingan berjalan, Daniel sudah menarik Rendi untuk digantikan Gilang Angga. Tiga belas menit kemudian, Muhammad Agung Pribadi, Dias Angga Putra, dan Atep dimasukkan menggantikan Yudi Khoerudin, Isnan Ali, dan Siswanto. Pada menit 42, giliran Hariono masuk menggantikan Munadi.

Di babak kedua, Daniel secara bergiliran memasukkan pemain yang belum main, termasuk empat pemain nasional, Markus Horison Rihihina, Maman Abdurahman, Eka Ramdani, dan Cristian Gonzales. Keempatnya menjadi pemain terakhir yang diturunkan Daniel.

Ketika ditanya tentang komposisi starter yang diturunkannya dalam laga ini, Daniel mengatakan, hal itu sengaja dilakukan untuk melihat cara bermain dan penerapan skema permainan yang diinginkannya.

"Kalau saya langsung turunkan pemain utama, nanti permainan tidak akan terlihat dengan baik," ujar Daniel.

Tentang para pemain muda yang tengah didorongnya, Daniel memberikan pujian. "Mereka semuanya bermain bagus dalam pertandingan ini," katanya.
Read More »»

Daniel Nyatakan Persib Siap Tempur

Kendati diakui masih ada beberapa hal yang harus dibenahi, pelatih Persib Bandung, Daniel Roekito menyatakan, pasukannya sudah dalam keadaan siap tempur menghadapi laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011. Partai terdekat yang akan dimainkan Persib adalah laga menghadapi Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Rabu (12/1) mendatang.

Kesiapan tempur tersebut dinyatakan Daniel usai Persib mengalahkan Maung Bandung FC (MBFC) 2-0 (0-0), pada pertandingan uji coba terakhir di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (6/1). Dua gol kemenangan Persib dalam pertandingan tersebut disumbangkan Pablo Alejandro Frances pada menit 47 dan Siswanto menit ke-68.

"Setelah pertandingan ini, kita tetap akan melakukan perbaikan pada sesi latihan besok (hari ini, red). Tapi kita sudah sangat siap menghadapi kompetisi nanti," kata Daniel, usai pertandingan yang disaksikan ribuan penonton ini.

Menurut Daniel, meski ia terus mencoba seluruh pemainnya, dalam pertandingan melawan Maung Bandung FC, skema dan cara bermain yang diinginkannya sudah bisa berjalan baik. "Untuk pertandingan ini, saya memang hanya ingin melihat berjalannya skema permainan dengan baik," kata mantan pelatih Persiba Balikpapan ini.

Semua dicoba

Dalam pertandingan ini, Daniel menurunkan formasi 3-4-3 dengan komposisi pemain Cecep Supriyatna (kiper), Baihakki Bin Khaizan, Yudi Khoerudin, Nova Arianto (belakang), Isnan Ali, Munadi, Shahril Ishak, Rendi Saputra (tengah), Siswanto, Pablo Frances, dan Airlangga (depan).

Menghadapi tim yang kualitasnya jauh di bawah, Persib jelas bisa menguasai jalannya permainan.

Tapi tim kebanggaan bobotoh ini menghadapi kesulitan membongkar pertahanan Maung Bandung FC yang disiplin dan terorganisasi dengan baik. Meski pergantian pemain langsung dilakukan pada babak pertama, Persib tetap tak mampu mencetak gol di babak pertama.

Persib baru bisa membuka kebuntuan di awal babak kedua ketika stamina dan konsentrasi tim asuhan Khair Rifo ini mulai goyah.

Gol pembuka keunggulan Persib dicetak Pablo melalui tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti, memanfaatkan umpan Baihakki.

Pada menit 68, Siswanto yang kembali dimasukkan setelah sempat ditarik keluar lapangan menggenapkan kemenangan Persib menjadi 2- 0.
Read More »»
Ada kesalahan di dalam gadget ini