BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

1/17/2011

Gonzales Menangkan Persib!

Persib Bandung berhasil mempertahankan tradisi menang di Stadion Mulawarman Bontang, setelah mencatat kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Bontang FC, pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011, Minggu (16/1) malam. Persib beruntung punya seorang Cristian Gonzales, yang bisa mencetak gol tunggal kemenangan pada menit 82.

Bagi Persib, ini adalah kemenangan pertama di luar kandang, sekaligus mengakhiri catatan kekalahan beruntun dalam empat laga sebelumnya. Dalam dua musim terakhir, Persib pun selalu mencatat kemenangan tandang pertama atas Bontang FC.

Meski berhasil menambah tiga angka, posisi Persib belum beranjak dari peringkat 14. Namun nilai yang dikumpulkan Eka Ramdani dan kawan-kawan bertambah menjadi 7, sama dengan Persisam Putra Samarinda dan Pelita Jaya Karawang. Sedangkan Bontang FC semakin terjebak di posisi 15 alias juru kunci.

Dalam laga yang disiarkan langsung oleh Antv ini, Daniel benar-benar menurunkan komposisi pemain yang berbeda dengan laga sebelumnya. Tiga pemain asing, Baihakki Bin Khaizan, Shahril Ishak (Singapura), dan Pablo Frances diparkir. Bahkan Baihakki yang dinilai sebagai titik lemah sektor pertahanan Persib pada laga sebelumnya, namanya sama sekali menghilang dari daftar susunan pemain Persib.

Selain tiga pemain asing tersebut, penjaga gawang utama timnas Indonesia, Markus Horison Rihihina yang sudah kebobolan 14 gol sepanjang musim ini --tidak termasuk dua gol lawan PSM Makassar yang dihapuskan-- juga dicadangkan Daniel. Posisi Markus diisi Cecep Supriyatna yang untuk pertama kalinya tampil pada musim ini.

Selain Cecep, Daniel juga memberikan kepercayaan pada gelandang muda, Dias Angga Putra untuk melakukan debut profesionalnya. Komposisi pemain lengkap Daniel dalam laga ini adalah Cecep Supriyatna (kiper), Maman Abdurahman, Nova Arianto, Muhammad Agung Pribadi (belakang), Dias Angga Putra, Hariono, Eka Ramdani, Siswanto (tengah), Atep, Hilton Moreira dan Cristian Gonzales.

Dari kubu Bontang FC, pelatih Fachri Husaini menurunkan tiga mantan pemain Persib dalam formasi starternya. Mereka adalah penjaga gawang Eddy Kurnia, Nyeck Nyobe Georges Clement (bek), dan Satoshi Otomo (gelandang).

Punya motivasi bangkit dari keterpurukan, Persib mampu mengimbangi permainan tuan rumah. Meski tempo permainan cukup lamban, Persib sempat mendapatkan dua peluang matang melalui tandukkan Gonzales pada menit 13 dan tendangan kaki kiri Siswanto pada menit 42. Hingga jeda, kedua tim belum mampu mencetak gol.

Tingkatkan serangan

Di awal babak kedua, Daniel mencoba meningkatkan gempuran dengan memasukkan Pablo Frances menggantikan Dias Angga Putra pada menit 47. Karena serangan Persib tak juga membuahkan hasil, Siswanto ditarik pada menit 73 untuk digantikan Wildansyah. Hanya selang satu menit, giliran Hariono yang ditarik digantikan Shahril Ishak.

Strategi pergantian pemain ini cukup berhasil. Usaha keras Persib untuk membobol gawang Bontang FC, akhirnya membuahkan hasil pada menit 81 lewat tandukan Gonzales yang memanfaatkan umpan Eka dari sektor kiri penyerangan Persib. Meski sempat ditepis Eddy, bola tandukan Gonzales tetap meluncur ke dalam gawangnya.

Pada menit 88, Persib berpeluang menggandakan keunggulan. Namun tendangan Pablo masih bisa ditepis Eddy. Hingga laga usai, Bontang FC gagal membalas ketertinggalannya.
Read More »»

Umuh, "Berkat Kejelian Pelatih dan Pemain"

Manajer Persib Bandung, H. Umuh Muchtar mengaku sangat lega, karena akhirnya tim yang dipimpinnya itu bisa meraih kemenangan dari Bontang FC, pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 di Stadion Mulawarman Bontang, Minggu (16/1). Menurutnya, kunci kemenangan Persib dalam pertandingan kali ini adalah kejelian pelatih dalam hal strategi permainan.

"Saya sangat puas dan lega dengan kemenangan ini. Karena itu, kita harus mensyukuri kemenangan pertama di luar kandang ini. Kalau saya lihat, kemenangan ini berkat kejelian pelatih menyusun strategi," kata Umuh ketika dihubungi "GM", usai pertandingan.

Selain kejelian pelatih, Umuh juga memuji penampilan seluruh pemain di lapangan, tak terkecuali pemain muda yang selama ini jarang dimainkan.

"Saya juga puas dengan permainan anak-anak di lapangan. Meski tidak mudah, para pemain tampil penuh semangat dan motivasi mereka untuk menang juga sangat besar," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Umuh juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada ratusan bobotoh yang turut mendukung penampilan Persib di Bontang.

"Terima kasih buat bobotoh dan publik sepak bola Bandung, yang sudah mendoakan kami di Bandung. Di sini (Bontang, red), bobotoh juga banyak yang mendukung kami. Itu semua sangat berarti buat kami dalam meraih kemenangan," tambahnya.

Meningkatkan moral

Umuh berharap, kemenangan atas Bontang FC ini akan meningkatkan moral dan kepercayaan diri para pemain menghadapi laga selanjutnya, termasuk Persisam Putra Samarinda yang akan dihadapi di Stadion Segiri, Kamis (20/1).

"Kemenangan ini menjadi modal penting menghadapi Persisam. Kita berharap, penampilan pemain bisa lebih baik agar kita bisa kembali meraih kemenangan," kata Umuh.
Read More »»
Ada kesalahan di dalam gadget ini