BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

2/08/2011

Sriwijaya FC Bidik Eka-Siswanto

Sriwijaya FC tengah dilanda krisis gelandang menyusul cederanya Firman Utina dan bergabungnya Mahardirga Lasut dalam pelatnas SEA Games XXVI tahun 2011.

Untuk mengatasi itu, manajemen SFC mulai berburu gelandang lokal. Adalah dua pemain Persib Bandung yakni Eka Ramdhani dan Siswanto yang menjadi buruan.

"Saat ini kami sedang berburu gelandang asal Asia dan gelandang lokal. Untuk gelandang Asia, pelatih Kolev telah melakukan seleksi, sedangkan gelandang lokal tertarik untuk merekrut Eka dan Siswanto," kata Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin

Menurut dia, peluang mendapatkan Siswanto lebih terbuka, karena pemain itu tidak mendapat posisi sebagai starting eleven di Persib. Sementara, Eka Ramdhani terbilang berat karena pemain ini mendapat tempat di Persib.

"Kami akan berusaha mendapatkan dua pemain itu, karena ini adalah permintaan Ivan Kolev," ujar dia.

SFC akan berlaga pada tiga kompetisi berat yakni, Liga Champions Asia, Superliga Indonesia, dan Piala Indonesia.

Firman Utina akan menjalani pemulihan cedera hingga dua bulan ke depan dan Dirga Lasut yang akan masuk Pelatnas pada awal Maret. Sehingga, otomatis SFC hanya memiliki Ponaryo Astaman sebagai gelandang jangkar.

"Untuk stok striker dirasa sudah cukup. Tapi, di posisi gelandang, kita memang sedang krisis. Saat ini, kami sedang berupaya mendapatkan gelandang lokal yang berkualitas dan memperbaiki materi pemain," ujar dia
Read More »»

Daniel Isyaratkan Perombakan Tim

Pelatih Persib Bandung Daniel Roekito sepertinya akan melakukan perombakan di tubuh Persib saat jeda kompetisi. Daniel akan menyeleksi lagi pemain agar Persib bisa tampil sesuai keinginannya.

Hal tersebut dikatakan Daniel setelah memimpin uji lapangan di Stadion Siliwangi, Selasa (8/2) pagi. Ketika ditanya berapa persen perombakan akan dilakukan, Daniel menyebutkan persentasenya antara 20 sampai 30 persen. "Kalau 50 persen saya kira tidak. Mungkin 30 atau 20 persen," sebutnya.

Ia menambahkan, selain seleksi total, di putaran kedua program akan dijalankannya secara sungguh-sungguh. "Saya akan lebih disiplin lagi," ucap mantan Pelatih Persik Kediri ini.

Yang menjadi tolok ukur utama bagi Daniel adalah faktor kemauan. Ia menuturkan, dirinya punya pemain banyak tapi percuma karena tak ada kemauan. "Percuma kalau misalnya Capello atau Mourinho melatih di sini tapi pemain enggak mau. Enggak bisa seperti itu," tambahnya.

Karena kondisi ini, ia menyebutkan jika Persib kini dalam keadaan sakit. Dan itu harus segera diobati secepatnya. Beberapa waktu lalu Daniel sempat mengeluhkan pemain yang tampil setengah hati membela Persib.

Perombakan juga dilakukan karena Persib harus bersiap-siap kehilangan pemain. Satu pemain yang santer dikabarkan akan keluar adalah Nova Arianto. Dan Daniel mengakui hal tersebut. "Dia terus terang kepada saya. Sejauh ini baru dia," tutur Daniel.

Ia mengatakan, dirinya sudah berbicara kepada Nova, apakah keputusan ini telah dipikirkan dengan matang. "Mungkin ada pertimbangan lain, seperti pertimbangan usia," kata Daniel.

Soal mundurnya Nova, menurut Daniel ia mempersilahkannya. Tapi nanti mekanismenya harus jelas. "Ini kan pertengahan musim dan dia masih ada kontrak. Apakah nanti melalui transfer atau bagaimana," ucapnya.

Meski demikian, Daniel masih memberikan kepercayaan kepada Nova. Dalam latihan Selasa pagi, Nova diplot menjadi bek untuk pertandingan melawan Semen Padang bersama Maman Abdurahman dan Baihakki Khaizan. "Dia kan masih anggota kami. Jadi harus siap untuk dimainkan," tambahnya
Read More »»

Nurdin Halid Hendaknya Sadar Diri

Pengamat sepak bola, Ari Junaedi, menilai, masih banyaknya dukungan anggota PSSI kepada Ketua Umum, Nurdin Halid, untuk kembali menjabat pada periode 2011-2015, membuktikan Nurdin enggan mundur dari posisinya. Sebagaimana diberitakan, Nurdin mendapatkan suara tertinggi dari kedua calon lainnya yakni George Toisutta, dan Nirwan Dermawan Bakrie.

Dari 100 pemiliki suara, Nurdin mendapatkan 81 dukungan suara dan Toisutta mendapatkan 12 suara. Sementara Nirwan mendapatkan suara paling kecil yakni dua suara. "Sudah bisa dipastikan pula, Nurdin Halid masih ogah mundur apalagi masih ada suara yang mendukungnya selain nama wakil ketua umum PSSI periode sekarang Nirwan Bakrie dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat George Toisutta," kata Ari kepada Kompas.com, Senin (7/2/2011).

Karena itu, Ari menilai, hal ini menjadi sulit bagi penantang incumbent seperti Toisutta untuk melenggang ke kursi Ketua Umum PSSI. "Ibarat sebelum masuk medan tempur, Toisutta sepertinya mendapatkan banyak serangan awal dari konstelasi suara dukungan dari daerah-daerah. Nurdin lewat komite penyeleksi calon ketua umum sepertinya masih ingin menunjukkan tajinya bahwa dia masih didukung mayortitas daerah. Padahal saat inilah momentum yang tepat bagi Nurdin untuk lengser keprabon," jelas Ari.

Menurut Ari yang juga berprofesi sebagai pengajar komunikasi politik di sejumlah perguruan tinggi ini, Toisutta harus bisa mengeksploitasi maksimalisasi dukungan yang sebanyak-banyaknya di sisa waktu yang tersisa. "Dukungan Arffin Panigoro kepada Toisutta hendaknya menjadi palang kekuatan baru untuk menghadang duet Nurdin-Nirwan. Jika insan pecinta sepak bola ingin menghendaki perubahan besar dalam sepak bola mau tidak mau harus memberi 'tekanan' kepada pengurus sepakbola di daerahnya masing-masing agar jangan memilih Nurdin kembali di Bintan nanti," papar Ari.

Ketiga bakal calon ketua umum ini sedang tahap verifikasi yang akan diumumkan pada 15 Februari mendatang. Kandidat yang lolos verifikasi akan bertarung dalam kongres pemilihan di Pulau Bintan pada 19 Maret nanti.
Read More »»

Persib tak Butuh Bomber Malaysia Safee Sali

Bandung - Bobotoh menilai Persib sudah tak lagi membutuhkan seorang bomber asal Malaysia Mohd Safee Sali. Yang dibutuhkan Persib saat ini adalah pemain belakang asal Persema Malang Abanda Herman.

"Yang dibutuhkan pemain Persib adalah pemain belakang. Sosok Abanda Herman saya rasa cocok untuk memenuhi daya pertahanan Persib di putaran kedua nanti," ujar Ketua Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) pusat, Asep Abdul saat dihubungi INILAH.COM, Senin (7/2/2011) malam.

Abdul mengatakan, bobotoh tak mempermasalahkan Safee Sali sudah diklaim menjadi milik Pelita Jaya Karawang. Malah, kata Abdul, kondisi tersebut dinilai bagus karena para penyerang Persib sudah terlampau banyak.

"Jadi atau tidak Safee Sali ke persib bagi bobotoh tidak masalah. Justru, yang jadi evaluasi saat ini adalah wilayah pertahanan. Saya setuju jika pertahanan dirombak. Apalagi ditambah amunisi dengan kehadiran Abanda Herman," ungkapnya.

Ia berharap, kehadiran Abanda Herman di Persib mampu memperkokoh lini belakang Persib agar tidak banyak kebobolan. Sejauh ini, Abdul menilai, kekalahan beruntun Persib akibat lini belakang kurang kokoh. "Harapannya Abanda Herman mampu memperkuat lini belakang Persib agar bisa naik peringkat di LSI," tuturnya.
Read More »»

DR: Jangan Beri Lawan Kesempatan!

BANDUNG - Persib Bandung kembali menjalani laga kandang saat menjamu Semen Padang dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Siliwangi, Rabu (9/2/2011) besok. Pada pertandingan yang tanpa dihadiri penonton akibat sanksi PSSI ini, Maung Bandung tidak akan melepas kesempatan meriah poin penuh.

Hasil positif pada laga melawan Pelita Jaya beberapa waktu lalu menjadi modal berharga Persib untuk bangkit dari dasar klasemen. Menurut pelatih Persib Daniel 'DR' Roekito, kemenangan menjadi harga mutlak saat berlaga di kandang.

“Kita punya pertandingan kandang sebanyak tiga kali. Dengan meraih kemenangan di kandang akan sangat bagus. Pemain harus tahu untuk tidak memberikan kesempatan pada lawan.” ujar Daniel kepada wartawan, usai latihan pagi di Siliwangi, Selasa (8/2/2011).

Pertemuan Persib lawan Semen Padang menyajikan rivalitas tersendiri. Apalagi posisi Semen Padang kini berada di urutan kedua klasemen LSI. Sedangkan posisi Persib yang meraih kemenangan tipis 1-0 atas Pelita baru beranjak satu tingkat di urutan ke-13.

Laga nanti juga tidak lepas dengan isu tak sedap di kubu tuan rumah. Tidak bisa diturunkannya Siswanto karena akumulasi Kartu kuning, kabar akan hengkangnya Nova Arianto hingga gagal bergabungnya striker asal Malaysia Safee Sali, yang memilih berlabuh di Pelita Jaya.

Menyoroti hal tersebut, Daniel menilai bukan faktor utama tim. Menurutnya, banyak faktor yang perlu dibenahi tim. “Pemain harus punya kemauan. Pemain yang ‘punya nama’ banyak di sini. Tapi yang punya kemauan itu yang dicari,” tuturnya. Mengingat pertandingan putaran pertama yang menyisakan satu pertandingan kandang, Daniel menginstruksikan agar para pemain terus berkonsentrasi penuh.

“Saya tahu Hilton sedang sakit lawan Pelita. Tapi dia punya kemauan yang tinggi. Semua pemain harus memliki kemauan,” tegasnya.

Namun di sisi lain, Persib masih beruntung karena krisis penjaga gawang bisa diatasi dengan kehadiran kiper Persib U-21 Rizki Bagja. Penjaga gawang utama Maung Bandung, Markus Haris Maulana dan Cecep Supriyatna masih belum bisa diturunkan, sehingga harus meminjam Rizki untuk mendampingi Dadang Sudrajat.
Read More »»

Putaran Dua LSI, Persib Bakal Coret 8 Pemain

Bandung - Pelatih Persib Daniel Roekito mengaku bakal merombak 30 persen pemainnya di paruh putaran kedua Liga Super Indonesia 2010/2011. Pernyataan itu dilontarkan Daniel, usai memimpin latihan di Stadion Siliwangi tadi pagi.

Eks pelatih Persiba Balikpapan ini menegaskan, pada putaran kedua nanti Persib harus ada penyegaran. Ia juga menjanjikan, pada paruh kedua bakal lebih selektif dan benar-benar menerapkan disiplin tinggi.

Kalau sekarang, kata Daniel, cukup sulit untuk dibenahi karena ini sudah penyakit lama sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk membenahinya dan kompetisi juga sudah berjalan.

"Putaran dua harus ada penyegaran untuk membangkitkan yang lain. Sehingga kita putuskan 30 persen pemain diputaran kedua nanti akan kita rombak. Putaran kedua nanti kita harus bangkit," terang Daniel.

Daniel menjelaskan alasan bakal merombak 30 persen pemainnya, karena banyak faktor yang mempengaruhi, terutama masalah kemauan. Contohnya, kata dia, saat Persib menang tipis dari Pelita Jaya. Daniel hanya menurunkan pemain-pemain lokal saja yang diyakininya memiliki semangat dan kemauan tinggi.

"Buktinya dengan hanya mengandalkan pemain lokal, kita bisa menang. Pemain memang ada yang semangat ada juga yang tidak semangat. Dan ini ternyata sudah menjadi kebiasaan lama. Buktinya setelah saya tahu dia salah, dan saya tegur, dia gak bisa mengelak. Ke depan saya hanya mau ambil pemain yang mau kerja, ini sebagai syok terapi saja," ucap Daniel.

Situasi tim Persib ketika dirinya datang memang sudah begini, dan untuk memeprbaikinya tentu saja memerlukan waktu cukup lama. Sebab, kata Daniel, sebuah tim terbentuk dari kekurangan dan kelebihan, sehingga ia membutuhkan waktu untuk membenahinya.

"Saya ingin uang, tapi kerja asal-asalan itu bukan karakter saya. Begitu pun pemain. Persib mengontrak bukan karena namanya tapi kerjanya yang dibayar. Sehingga sudah sepatutnya mereka bermain total untuk Persib. Sekali lagi saya tegaskan di putaran kedua saya hanya butuh pemain yang mau bekerja," tegas pelatih asal Rembang ini.

Pada LSI 2010/2011, Persib mendaftarkan 26 pemain ke Badan Liga Indonesia. Jika 30% dari 26 pemain tersebut dirombak, berarti ada sekitar 8 pemain yang terancam dicoret dari skuad Maung Bandung
Read More »»

Nova Mundur, Manajer Persib Siap Cari Pengganti

Bandung - Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengungkapkan kekecewaannya dengan sikap Nova Ariantoyang memutuskan hengkang saat keadaan Persib dalam keadaan terpuruk.

Umuh pun mempertanyakan tanggung jawab Nova sebagai pemain yang sudah membela Maung Bandung selama tiga musim terakhir. Kendati demikian, Umuh tidak akan menghalang-halangi langkah Nova, dan akan mencari pengganti Nova.

Manajer yang juga Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) ini, sebelumnya memang sudah mengetahui bahwa pemain bernomor 30 ini bakal meninggalkan Persib pada putaran kedua nanti.

"Saya sudah tahu karena dia SMS saya. Ia bilang di putaran kedua nanti akan keluar dari Persib, dan SMS itu saya dapat setelah Persib dikalahkan Persipura beberapa waktu lalu," kata Umuh kepada INILAH.COM, Selasa (8/2/2011).

Kabarnya, kata Umuh, Nova tergiur dengan tawaran dari salah satu klub anggota Liga Primer Indonesia (LPI) yang menjanjikan nilai kontrak yang besar. Namun, menurut Umuh, momennya tidak tepat karena saat ini Persib dalam keadaan terpuruk.

"Kenapa klub di LPI menganggu pemain yang sudah terikat kontrak dengan tim yang sedang menjalani kompetisi. Kalau begini caranya, jujur saja saya jadi tidak simpati lagi dengan LPI," tegas Umuh.

Jika niatan Nova itu sudah benar-benar bulat, Umuh juga tidak akan lagi menghalang-halangi. Sebab, menurutnya, kalau pun tetap dipertahankan permainan Nova tidak akan maksimal dan mengganggu pemain lainnya.

"Ya sudah lepas saja, kita fokus cari pengganti ia yang kualitasnya lebih baik. Saya tidak mau mempertahankan pemain yang sudah setengah hati membela Persib," tegasnya.

Nova sendiri dipastikan meninggalkan Persib pada putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011. Kepastian tersebut dilontarkan langsung pelatih Persib Daniel Roekito.

"Ya, Nova sudah bicara sama saya kalau dia mau mundur. Saya bilang silakan saja buat surat resminya, kan ada mekanismenya mau ditranfer atau gimana," kata Daniel usai latihan di Stadion Siliwangi Bandung, Selasa (8/2/2011).

Sebelumnya, Nova memang sempat menulis di akun Facebook-nya bahwa ia ditawari kontrak selama tiga musim oleh salah satu klub Liga Primer Indonesia (LPI) dengan nilai kontrak cukup menggiurkan. Kabarnya ada dua klub LPI yang meminati Nova, yakni Persema Malang dan Semarang United
Read More »»
Ada kesalahan di dalam gadget ini