BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

5/14/2012

Sepak Bola Sederhana Nan Indah Ala Indra Thohir

“ Pak Tohir, pemainnya jangan dimanja, buat perubahan di Persib” ITULAH kalimat yang diteriakan bobotoh kepada Indra Muhammad Tohir dihari pertamanya bergabung dalam skuad Maung Bandung, setelah ditunjuk menjadi penasehat teknik olah PT. Persib Bandung Bermartabat. Gaya melatihnya yang terkenal tegas dan disiplin juga kharisma dari sosok pelatih yang mengantar Persib juara Liga Indonesia I ini masih sangat kental di mata para bobotoh. Tak ayal, bobotoh berharap banyak dari pria kelahiran Bandung 71 tahun silam ini untuk membawa Persib Bandung kearah yang lebih baik. Hadirnya Indra Tohir di dalam tubuh Persib acap kali membawa Pangeran Biru berada di level atas dunia persepakbolaan tanah air. Juara Liga Indonesia I dan lolos ke babak 8 besar piala champions Asia adalah bukti nyata dari racikan tangan dingin seorang Indra Tohir. Mengusung sepak bola yang sederhana dengan mengandalkan kemampuan fisik, teknik dan kemapuan masing-masing pemain adalah contoh dari perpaduan sepak bola indah ala pria yang akrab disapa Abah. Meski begitu, Tohir enggan disebut sebagai sosok yang akan membawa perubahan bagi Persib. Tohir menuturkan, dirinya hanyalah manusia biasa yang tidak akan mengubah segala sesuatunya dengan mudah. "Perasaan saya sebenarnya berawang-awang. Ini merupakan panggilan tanah air atau daerah. Dan belum tentu juga saya bisa membuat perubahan di Persib jika jadi. Karena saya pun bukan seorang dewa yang mampu mengubah apapun dengan mudah," ujar Tohir kepada wartawan saat hadir di tengah-tengah latihan Persib di Stadion Silwiangi, Bandung, Jumat (27/4). "Jika saya punya konsep menjadi pelatih yang mampu dengan mudah membawa tim jura, mungkin akan saya jual konsep itu. Namun saya pun hanya manusia biasa. Kalau pun saya bisa mampu memberikan perubahan kepada Persib, saya sangat bersyukur, karena ini pun atas dasar kecintaan saya kepada Persib. Ya mudah-mudahanan saya bisa membawa perubahan," pungkasnya (Ziyan M Nasyith) Biodata Nama Lengkap : Indra Muhammad Tohir Lahir : Bandung, 7 Juli 1941 Karier di Persib : Pelatih Fisik (1984-1993), Pelatih Kepala (1993-1995, 2000-2001, 2005). Prestasi : Juara kompetisi Perserikatan 1986, 1990 (sebagai pelatih fisik), Juara Perserikatan 1994, Juara Ligina I musim 1994/1995, Perempatfinal Liga Champions Asia 1995, Pelatih Terbaik Asia versi AFC edisi Bulan September 1995, Babak 8 Besar Ligina 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar