BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

11/08/2010

Lini Belakang Persib Jadi Sorotan

BANDUNG – Manajemen Persib Bandung sudah menyiapkan beberapa rencana evaluasi untuk membenahi tim. Sebelum diadakan pertemuan yang melibatkan para petinggi PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), manajemen memberikan gambaran rencana evaluasi.

Berkaca pada enam laga yang telah dilakoni Eka Ramdani dkk, Umuh menilai semua sektor masih menyisakan persoalan tersendiri. Namun, dia menilai lini belakang menjadi sektor paling lemah dari semuanya. “Hampir setiap laga kita selalu kebobolan. Sektor pertahanan menjadi sorotan utama tim,” jelas Umuh, Sabtu (6/11/2010).

Umuh mengaku cukup bingung dengan kondisi lini belakang. Sebab, kondisi ini sebetulnya juga terjadi pada Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 lalu. Pada saat tim dibesut Jaya Hartono hingga diganti caretaker Robby Darwis, lini belakang masih menyisakan masalah tersendiri.

Jika dianalisis, komposisi lini belakang musim lalu dan sekarang tidak jauh berbeda. Persib masih mengandalkan duet Nova Arianto dan Maman Abdurahman di bek tengah. Musim lalu, dengan formasi 3-5-2, satu pemain yang mengisi lini belakang adalah Christian Rene Martinez. Penampilan Rene memang tidak begitu gemilang.

Sedangkan musim ini, dengan pola 4-4-2, di bek kiri diisi Isnan Ali dan bek kanan Baihakki bin Khaizan. Perubahan formasi sekaligus pemain rupanya belum bisa membuat lini pertahanan jauh lebih baik dari musim lalu. “Bahkan, saat melawan Persija, minus Baihakki, kita kebobolan tiga gol. Ini kan berarti ada masalah di lini belakang,” jelas Umuh.

Umuh memang sudah enggan lagi berpikir ke belakang. Kala itu, Daniel Darko Janackovic menolak pemain belakang pilihan manajemen mulai dari Pierre Njanka (Arema Indonesia), Bhio Pauline (Persipura Jayapura) dan Abanda Herman (Persija Jakarta). “Sekarang kita hanya bisa memanfaatkan pemain yang ada. Kelemahan ini harus jadi sorotan pelatih,” katanya.

Namun, naturalisasi Cristian Gonzalez diharapkan Umuh bisa membawa kabar baik. Dia berharap, jika PT Liga Indonesia mengizinkan timnya mencari pengganti Gonzalez sebelum transfer window putaran kedua berlangsung pada Februari 2011 nanti, maka manajemen akan segera mencari pemain asing di lini belakang. (msy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini