BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

11/08/2010

Sutiono, "Beri Kesempatan Pemain Non-timnas"

BLK. FACTORY,(GM)-
Persib Bandung harus melepaskan ketergantunganya terhadap para pemain yang masuk tim nasional Indonesia. Persib harus bisa mengoptimalkan pemain lainnya untuk menjadi starter.

"Pemain timnas bukan jaminan. Hal itu sudah terbukti pada pertandingan di awal musim ini. Pemain timnas ternyata belum mampu mendongkrak prestasi Persib," ujar salah seorang legenda Persib Bandung, Sutiono kepada "GM", Minggu (7/11).

Menurut Sutiono, banyaknya pemain Persib yang masuk timnas Indonesia dan negara lain memang sangat membanggakan. Itu bisa meningkatkan gengsi tim. Namun di sisi lain, Persib pun seringkali dirugikan dengan status pemain tersebut.

"Seperti saat ini, di saat Persib membutuhkan perbaikan tim, ternyata mereka tidak bisa bergabung. Karena, mereka harus mengikuti agenda timnas," katanya.

Untuk itu, lanjut Sutiono, sepanjang libur kompetisi ini, tim pelatih harus bisa memanfaatkan pemain lapis kedua. Pemain seperti Wildansyah, Jejen Zaenal Abidin, Munadi, dan pemain lainnya harus dipersiapkan menjadi pemain inti Persib.

"Karena mereka yang akan berlatih bersama hingga Persib kembali bermain. Mereka harus disiapkan untuk tampil. Karena, seharusnya Persib hanya memainkan pemain yang siap tampil," tegas Sutiono.

Jika diberikan kesempatan, lanjut Sutiono, para pemain muda dipastikan akan tampil baik. Seperti halnya saat Wildansyah atau Jejen Zaenal Abidin diberikan kesempatan untuk bermain bersama pemain timnas. "Wildan dan Jejen sudah menjadi cukup bukti bahwa pemain muda juga bisa tampil baik seperti pemain timnas," ujarnya.

Menurut Sutiono, selama libur ini, Persib pun harus dibenahi. Pembenahan bukan hanya di lini pertahanan yang selama ini sering didengungkan. Pembenahan harus dilakukan di semua lini. Karena lini pertahanan tidak akan mudah ditembus jika lini tengah dan depan solid.

"Kekalahan bukan hanya karena lemahnya lini belakang. Itu kesalahan semua lini. Itu yang juga harus dipahami oleh tim," tukasnya. (B.98)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini