BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

1/13/2011

Kalah Lagi, Kalah Lagi

Angin perubahan yang coba diembuskan pelatih anyar Daniel Roekito ke dalam skuad Persib Bandung, ternyata belum menghadirkan hasil positif. Pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Rabu (12/1) petang, Atep dan kawan-kawan tampil mengecewakan dan harus menerima kenyataan dibantai Sriwijaya FC 1-4 (0-2).

Empat gol Sriwijaya FC yang bersarang di gawang Markus Horison Rihihina, dicetak Claudiano Alves menit ke-11, Achmad Jufriyanto (44), Oktovianus Maniani (76), dan mantan striker Persib, Budi Sudarsono di masa injury time. Satu-satunya gol balasan Persib diciptakan Cristian Gonzales pada menit 64.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung oleh ANTV ini, Daniel menampilkan skema permainan 3-4-3 dengan komposisi pemain Markus Horison (kiper), Baihakki Khaizan, Nova Arianto, Muhammad Agung Pribadi (belakang), Gilang Angga Kusumah, Hariono, Shahril Ishak, Atep (tengah), Hilton Moreira, Cristian Gonzales, dan Pablo Frances (depan).

Enam menit pertandingan berjalan, Persib sebenarnya membuka ancaman ketika umpan Nova bisa dikuasai dengan baik oleh Gonzales di dalam kotak penalti Sriwijaya FC. Namun sontekan "El Loco" yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang Sriwijaya FC, Feri Rotinsulu masih bisa digagalkan kiper kedua tim nasional ini.

Inilah satu-satunya peluang yang didapatkan Persib di babak pertama. Setelah itu, daerah pertahanan Persib dibombardir Sriwijaya FC. Bahkan buruknya koordinasi dan komunikasi di lini belakang Persib, bisa dimanfaatkan tuan rumah untuk membuka keunggulan pada menit ke-11. Berawal dari tendangan bebas Firman Utina yang gagal dihalau Baihakki, bola mantul disambut tandukan Claudiano untuk membobol gawang Markus.

Unggul 1-0, para pemain Sriwijaya FC semakin menekan. Meski pada menit 33, Daniel sempat memasukkan Eka Ramdani menggantikan Gilang Angga, tekanan Sriwijaya tidak berkurang. Setelah Ponaryo Astaman, Keith Jerome Kayamba Gumbs dan Rudi Widodo membuang peluang yang mereka dapatkan, Sriwijaya FC akhirnya menggandakan keunggulan di pengujung babak pertama melalui tandukan Achmad Jufriyanto, yang sama sekali tidak terkawal pada saat menerima bola tendangan penjuru dari Firman.

Tak berubah

Kendati lini belakang terlihat sangat keropos, Daniel tak melakukan perubahan di babak kedua. Nova dan Baihakki yang melakukan beberapa kali kesalahan di babak pertama tetap bermain.

Meskipun demikian, di tengah serbuan para pemain Sriwijaya FC, Persib sempat memperkecil ketinggalan melalui Gonzales memanfaatkan umpan Shahril Ishak yang sempat ditanduk Hilton. Tapi hanya berselang 12 menit, Sriwijaya FC kembali menambah keunggulannya melalui winger timnas Oktovianus Maniani.

Di pengujung pertandingan, mantan striker Persib, Budi Sudarsono yang masuk pada menit 66 menggantikan Rudi Widodo, menambah penderitaan Persib lewat gol yang diciptakannya. Skor akhir 4-1 untuk tuan rumah.

Kekalahan telak itu menekan posisi Persib ke peringkat 14 dari 15 kontestan dengan mengumpulkan nilai 4. Selanjutnya, Persib akan menghadapi tim juru kunci Bontang FC di Stadion Mulawarman Bontang, Minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini