BIRU = BOBOTOH INDEPENDENT RAJAPOLAH UNITED

2/25/2011

Putaran II LSI, Persib Matangkan Formasi 3-5-2

Bandung - Menjelang putaran II Liga Super Indonesia 2010-2011, pelatih Persib Daniel Roekito akan mematangkan formasi 3-5-2, sesuai keinginan para pemain.

Namun, tambah Daniel, formasi tersebut tak akan dibakukan, tergantung lawan yang dihadapi. Pelatih berusia 58 tahun ini akan menyiapkan beberapa formasi pada putaran dua nanti, beberapa di antaranya adalah 4-4-2, 4-2-3-1 dan 3-4-3.

"Selama ini pemain memang menginginkan formasi lama yaitu 3-5-2. Buat saya tidak masalah selama mereka menguasai formasi tersebut. Tapi itu tidak baku tergantung lawan yang dihadapi," kata Daniel, usai memimpin latihan fisik di lapangan lintasan Atletik GOR Pajajaran Bandung, Kamis (24/2/2011).

Eks pelatih Persiba Balikpapan ini membantah formasi 3-4-3 yang diusungnya pada putaran pertama dianggap gagal. Ia menjelaskan, formasi 3-4-3 sebetulnya bisa mengalahkan 4-4-2, jika saja pemain bisa menjalankannya.

"Saat kita pakai formasi 3-4-3. Kelemahannya adalah kita kekurangan pemain tengah. Pemain gelandang bertahan saja kita cuma punya Hariono, untuk playmaker cuma ada Eka. Sehingga kita kesulitan mengembangkan pola ini, karena stok pemain terbatas," jelas Daniel.

Di putaran kedua nanti, setelah Persib melakukan penyegaran pemain dengan mengontrak Matsunaga Shohei dan Miljan Radovic, Daniel yakin lini tengah Persib akan semakin kokoh.

"Saya cukup yakin di putaran dua nanti saya lebih leluasa menggunakan beberapa formasi. Karena kita punya stok pemain banyak, khususnya pemain tengah," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini